http://prianganpos.com/wp-content/uploads/2014/05/Logo-Pripos-FIXED.png

Pembentukan BPTP Kaltara Disambut Antusias Pemda Bulungan

Bulungan, Kaltara, Pripos.id (10/10/2019) – Untuk memaksimalkan pelayanan dan proses diseminasi inovasi teknologi pertanian di wilayah provinsi termuda Pulau Kalimantan ini, Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) mendorong pembentukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan di Kalimantan Utara. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan Kepala BBP2TP (Dr.Ir.Muhammad Taufiq Ratule., M.Si) saat berdiskusi dengan Bupati Kabupaten Bulungan, Prov Kaltara (H.Sudjati), dan di dampingi oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim (Dr.Muh.Amin) beserta tim (10/10).

Rencana pembentukan BPTP di Kaltara menurut Ratule tak lepas dari peran BPTP dalam mendukung pembangunan di sektor pertanian. Kesuksesan suatu program pembangunan pertanian tidak hanya dipengaruhi oleh rekomendasi inovasi teknologi yang diberikan, melainkan juga perlu adanya proses pendampingan dari tim kerja di lapangan. Tim ini dalam suatu wilayah salah satunya diwadahi oleh BPTP, untuk itu pembentukan BPTP di Kaltara menjadi penting mengingat jangkauan wilayah Kalimantan Utara yang cukup luas maka perlu ada display teknologi yang bisa di jangkau oleh masyarakat beserta stakeholder pertanian di Kaltara.

Cikal bakal BPTP Kaltara ini nantinya akan di awali dengan pembentukan Satuan Kerja (Satker) dan Kebun Percobaan (KP) oleh karena itu dukungan Pemerintahan Daerah sangatlah dibutuhkan, terutama dalam penyediaan lahan yang akan di gunakan untuk kantor dan KP.

Niatan ini mendapat sambutan baik dari Pemda Kaltara, mengingat kinerja BPTP selama ini sangat membantu petani di Kaltara. Jika selama ini wilayah Kaltara merupakan wilayah pendampingan dari BPTP Kaltim, maka melalui pembentukan BPTP Kaltata di harapkan masyarakat pertanian Kaltara bisa lebih intensif mendapatkan pendampingan penerapan inovasi teknologi terbaru.

“Selama ini BPTP Kaltim telah menunjukan, bahwa keberadaan BPTP itu sangat penting, selama didampingi oleh BPTP Kaltim terjadi peningkatan produksi dan kualitas pertanian di Kaltara,” ujar H.Sudjati

Lebih lanjut Sudjati menyampaikan Pemerintah Daerah akan mendukung penuh pembentukan BPTP di Kaltara, karena selama ini inovasi teknologi yang direkomendasikan cukup membantu petani yang ada di Bulungan.

Dalam kunjungan tersebut pihak Pemerintah Daerah Kab.Bulungan juga menyampaikan beberapa rekomendari alternatif lokasi guna mempercepat proses pembentukan BPTP di Kaltara. (nor/humas balitbangtan)

@2019 Pripos.id, ALL RIGHT RESERVED