Peringatan Hari Dharma Samudera Media Pewarisan Nilai-Nilai Kejuangan Yang Harus DiLestarikan

Jakarta, Pripos.id (15/01/2020) – Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tahun pada tanggal 15 Januari untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru pada hakikatnya merupakan media dalam menyediakan pewarisan nilai-nilai kejatuhan yang harus dilestarikan agar dapat tetap semangat dan berperang prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Inspektur Koarmada I Kolonel Laut (T) AR Agus Santoso, ST, K., pada Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2020 di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang tewas karena Komodor Yos Sudarso mencari sekitar 25 anak buah kapal (ABK) RI Matjan Tutul. Sebagai prajurit laut, ia menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melakukan tugas, sifat rela berkorban, dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang dibahas dalam acara tersebut.

Diakhir amanatnya, Kasal mewakili generasi penerus bangsa, Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, inovatif, dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas dengan berpedoman khusus pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Trisila TNI Angkatan Laut.

Categories: Hankam

Pripos.id