5 Manfaat Alpukat untuk Wajah, Sayang Bila Dilewatkan

SELAIN rasanya yang lezat, alpukat memiliki segudang manfaat, termasuk untuk wajah. Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekadar untuk melembapkan tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat. Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc. Manfaat alpukat untuk kesehatan kulit wajah bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi buah ini secara rutin atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah.

Kenali Manfaat Alpukat untuk Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

  1. Melembapkan kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

  1. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam alpukat terkandung mangan dan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya. Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah.

  1. Mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit

Alpukat mengandung nutrisi dan zat yang dapat mengurangi peradangan di kulit, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Bahkan, ada riset yang menyebutkan bahwa kelima nutrisi tersebut dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

  1. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penggelapan kulit atau hiperpigmentasi kulit. Ini karena vitamin tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di kulit dan menurunkan produksi melanin, yang memicu munculnya bercak hitam pada kulit.

  1. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan omega 3 pada alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengurangi kemunculan jerawat. Selain vitamin C dan omega 3, alpukat yang sudah diolah menjadi minyak alpukat juga mengandung antimikroba, sehingga penggunaannya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

Categories: Kecantikan

Tags: ,,

Leave A Reply

Your email address will not be published.