Antisipasi Ancaman El Nino, Kementan Salurkan Bantuan Irigasi Perpompaan untuk Indramayu

INDRAMAYU, JABAR, PRIPOS.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan berbagai langkah penanggulangan dan adaptasi terhadap ancaman El Nino. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan irigasi perpompaan. Hal itu sebagaimana dilaksanakan untuk pananganan kekeringan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengerahkan gerakan penanggulangan El Nino melalui penggunaan pompa air di wilayah-wilayah yang rentan kekeringan serta mendorong percepatan penanaman dengan menggunakan varietas tahan kering.

“Menghadapi musim kering ekstrim atau elnino saya minta jajaran Kementan berada di lapangan membantu para petani yang kesulitan. Kemudian saya juga meminta persiapan dari semua daerah di seluruh Indonesia,” ujar Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan mengalami awal musim kemarau pada April hingga Juni 2023. Adapun puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Juli dan Agustus 2023.

Categories: Advetorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.