Bank BJB Tuntas Salurkan Dana PEN di Jabar

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (13/07/2021) – PT Bank Pembangunan Daerah Jabar (Bank bjb) per 2 juli 2021 telah menyelesaikan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) periode kedua untuk wilayah Jabar.

“Bank BJB telah melakukan penyaluran dana PEN seluruhnya senilai Rp4,3 Triliun,” ujar Dirut Bank bjb Yuddy Renaldi.

Untuk diketahui, BJB kedua kalinya dipercaya pemerintah sebagai penyalur dana stimulus ekonomi dalam rangka PEN. Terdapat dua gelombang penyaluran PEN pada 2020-2021 dengan nilai masing-masing Rp2,5 Triliun per-periode.

“Di periode pertama tahun 2020, bank bjb selesai menyalurkan dana PEN dalam kurun waktu 2 bulan sebesar Rp5,3 Triliun. Dana telah disalurkan seluruhnya pada 18 Oktober 2020,” ungkap Yuddy melalui siaran pers humas Bank bjb.

“Alokasi dana PEN terhadap sejumlah sektor produktif padat karya menjadi strategi kami untuk membantu pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten yang pada akhirnya berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional,” tambah Yuddy.

Bank bjb saat ini menjadi bank milik pemerintah daerah dengan aset terbesar nasional. Penyaluran kredit yang terus tumbuh sebagai fungsi intermediasi khususnya pada sektor produktif padat karya, sekaligus juga beradaptasi dengan pergeseran pola transaksi kuangan masyarakat dari offline ke online melalui produk digital sehingga di tengah pembatasan kegiatan masyarakat aktivitas keuangan tetap dapat berjalan.

Di tengah permintaan kredit yang masih terbatas, sampai dengan Mei 2021 penyaluran kredit Bank bjb mampu tumbuh 7,3% didorong segmen konsumer, UMKM, komersial korporasi dan KPR yang tumbuh positif dengan NPL terjaga sehingga turut membantu pemulihan ekonomi baik dari sektor produktif maupun konsumsi.(aris/png)

Categories: Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.