Buka Kuliah Kewirausahaan Pemuda Urindo, Menpora RI Ingin Pemuda Indonesia Harus Siap Berwirausaha di Era Digital

JAKARTA, PRIPOS.ID (15/09/2020) –  Universitas Respati Indonesia (Urindo) yang dipimpin Rektor Tri Budi W Rahardjo membedah peluang dan tantangan berwirausaha di era digital dalam Kuliah Kewirausahaan Pemuda secara daring, Selasa (15/9) pagi. Menpora RI Zainudin Amali memberikan motivasi dan membuka secara Zoom Meeting dari Kediaman, Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Setidaknya ada tiga hal penting yang perlu perhatian serius, pertama tentang bonus demografi, dimana jumlah penduduk terbesar adalah anak muda yang perlu ruang gerak lebih besar dalam mempersiapkan kemandirian. Kedua adalah era digital dan era industri 4.0 yang harus berjalan beriringan menuntut banyak kemampuan kreativitas dan inovasi dari para pemuda ditengah persaingan global apalagi situasi pandemi yang belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir.

Ketiga, kebutuhan akan lapangan kerja terus bertambah karena lulusan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi dari tahun ke tahun akan terus meningkat.”Saatnya membalik, lulusan Urindo tidak lagi tergantung kepada orang lain dengan kesana kemari mencari kerja tetapi menjadi tempat bergantung. Semua perusahaan saatnya turut berpartisipasi menyiapkan pemuda mandiri dan berdaya saing dengan memberikan bekal diseluruh jurusan tidak hanya bekal akademik tetapi juga bekal enterpreneur,” kata Menpora RI.

Kehadiran para narasumber yang berasal dari para praktisi dan pelaku usaha sangat diapresiasi karena dengan demikian transfer ilmu dan keahlian khususnya bidang wirausaha tidak sekedar teori namun berdasarkan jam terbang dan pengalaman.”Untuk para peserta saya minta ikuti secara serius, narasumber sangat tepat karena dari para pelaku usaha, akan berbagi pengalaman bagaimana membuat proposal yang realistis tidak mengawang-awang, mudah dilakukan, segera saja setelah ini rencanakan jangan terlalu lama agar semangatnya tetap terjaga,” tambahnya.

Sebelumnya Rektor Urindo Tri Budi W Rahardjo menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama berkelanjutan bersama Kemenpora RI di tahun kedua, dan terus berharap lebih berkembang di tahun-tahun mendatang.”Terima kasih Pak Menpora atas kepercayaan kepada Urindo salah satu dari 36 PT yang tahun ini bekerjasama, dan dari 4.000-an PT di Indonesia. Bagi Urindo ini selaras dengan visi sebagai Universitas Enterpreneur. Narasumber yang luar biasa dari para praktisi dan akademisi, mentor dari para profesional, sehingga melahirkan gagasan bisnis yang visibel bagi para mahasiswa,” ucapnya.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni’am Sholeh, melaporkan bahwa sebagai tahap pertama guna membangkitkan minat berwirausaha dihadirkan para narasumber dari para praktisi wirausaha, diantaranya adalah Sahabat UMKM Kak Rasyid, Owner Pariwisata Kreatif Titus Indrajaya, Senior Associate ESR Division Astra Jaka Fernando, Owner Made in Omah (Catering, Snack, Jajanan) Nurminingsih, Mitra Pemasaran dan Penjualan Unit Usaha Syariah PT Pegadaian Bambu Yasyam, CEO Bakso Aci Masjay (Finalis Astra Starup Challenge) Ilham Widi, Moderator Sakti Brata Ismaya. (cah/arif)

Categories: Olahraga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id