Cara Mengatasi Gejala Menopause

Oleh: dr. Adeline Jaclyn

KEBANYAKAN wanita yang mengalami menopause, akan mengeluhkan beberapa gejala. Menopause dapat menyebabkan rasa kepanasan yang muncul tiba-tiba, menyebar ke seluruh tubuh, kemerahan, dan keluarnya keringat. Gejala menopause lainnya yang bisa muncul adalah gangguan tidur, kelelahan, mood swing, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya. Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Namun jangan khawatir, untuk meminimalkan hal tersebut, Anda bisa melakukan sembilan cara mengatasi gejala menopause berikut ini.

  1. Tidur Cukup

Tidur cukup selama 7-9 jam sehari dapat membantu mengurangi gangguan tidur, sakit kepala, dan mood swing. Sebagian wanita ada yang mengalami rasa panas di seluruh tubuh. Sensasi panas tersebut akan menyebabkan sulit tidur. Wanita yang sedang mengalami gejala menopause juga bisa menghindari tidur siang agar tidak terjaga pada malam hari.

  1. Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol dapat mencegah ngantuk atau membuat Anda terjaga saat malam hari. Tak hanya itu, minuman berkafein dan beralkohol juga dapat memicu rasa panas gejala menopause semakin hebat. Saat menopause, sebaiknya hindari kedua minuman tersebut agar Anda lebih  cepat terlelap saat malam hari.

  1. Jangan Gunakan Pakaian Tebal

Ketika merasa gerah kepanasan, jangan gunakan pakaian berlapis atau berbahan poliester. Wanita yang menopause bisa menggunakan pakaian tipis, berbahan katun, dan nyaman. Anda juga harus memerhatikan suhu atau udara di sekitar. Hindari keluar rumah pada siang hari dan usahakan berada di tempat yang terdapat kipas angin atau pendingin ruangan.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Perbanyaklah konsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayur-sayuran dan buah buahan. Wanita menopause juga dapat mengonsumsi susu kedelai. Sebab susu kedelai mengandung estrogen alami yang dibutuhkan tubuh. Anda perlu tahu, bahwa jumlah estrogen di dalam tubuh wanita akan berkurang saat mengalami menopause. Oleh karena itu, wanita membutuhkan asupan estrogen tambahan dari luar.

Categories: Kesehatan

Tags: ,,

Leave A Reply

Your email address will not be published.