Dibantu 3.700 Pompa Air, Kementan Targetkan Produksi Padi Jatim Meningkat

SURABAYA, JATIM, PRIPOS.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Apel Siaga Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Salah satunya dengan mengerahkan 3.700 unit pompa air. Dengan pengerahan mekanisasi secara maksimal ini, diharapkan target produksi beras di Provinsi Jawa Timur (Jatim) sebanyak 2.000.000 juta ton tercapai.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, bantuan alsintan untuk Jatim ini mencapai 3.700 unit untuk mesin pompa air.

“Bisa dibayangkan di Jawa Timur ini, ada 380.000 hektar tadah hujan, kalau ini 300.000 saja kita naikan menjadi 2 atau 3 kali tanam, berarti kenaikan produksi beras di Jawa Timur bisa mencapai 2 juta ton, angka ini bisa menutupi 50% kebutuhan, jadi 50% bisa selesaikan persoalan di Jawa Timur ini,” ujar Mentan Amran, Kamis (18/4/2024).

Mentan Amran menegaskan akan mengevaluasi pemanfaatan pompa di setiap wilayah, sehingga penerapan sistem ini dapat berjalan maskimal untuk peningkatan produksi padi disetiap daerah.

Categories: Advetorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.