Etika dan Budaya Berkomunikasi di Era Digital

JAKARTA, PRIPOS.ID (02/06/2022) – Era digital memberi begitu banyak sekali kemudahan. Salah satunya, yakni memudahkan masyarakat untuk saling menukar data dan informasi, termasuk juga untuk bersosialisasi.

Saat ini cukup dengan platform media sosial, masyarakat dapat melakukan percakapan dari jarak jauh. Hanya dengan satu sentuhan jari, hal tersebut dapat dilakukan kapan dan di mana pun berada.

Namun perlu diperhatikan, untuk menjalani hal tersebut tetap dibutuhkan etika dan budaya dalam berkomunikasi. Jangan sampai perkembangan digital yang pesat, dapat menghilangkan etika dan budaya anak bangsa yang dikenal santun.

Anggota Komisi I DPR RI, Ir. Alimin Abdullah menyatakan, setiap pengguna media pada ruang digital harus mampu menyeimbangkan antara keduanya.

“Era digital membuat komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Saking cepatnya, telah terjadi kebebasan pengguna yang kebablasan sehingga etika dalam interaksi di internet terabaikan,” ujar Alimin dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk “Etika dan Budaya Berkomunikasi di Era Digital” yang berlangsung pada Rabu (1/5/2022).

Categories: Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.