Fakultas Syariah Unisba Berdayakan Pesantren Melalui Pendampingan Pengelolaan Zakat

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (4/05/2021) – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Fakultas Syariah Unisba melaksanakan PKM bertajuk ‘Pendampingan Pengelolaan Zakat’ di Pondok Pesantren Daarul Ilmi Cipeundey Kab. Bandung Barat, Sabtu (24/04). Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama antara Fakultas Syariah Unisba dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisba melalui program Cost-Sharing 2021 ini diikuti 18 orang peserta, terdiri atas 15 orang pengurus zakat dan asatidz serta tiga  orang pengurus pesantren.

Ketua tim PKM, Dr. Ramdan Fawzi, SHI., mengatakan, fokus pendampingan pada PKM ini diarahkan kepada pengelolaan dana zakat maal berupa zakat penghasilan / profesi dan zakat perdagangan.

“Kedua model zakat ini menjadi pilihan utama tim pengabdi dengan alasan bahwa keduanya belum dikembangkan oleh pesantren. Padahal peluang untuk mengembangkan dana zakat maal dari penghasilan dan perdagangan ini sangat besar. Dengan jumlah santri lebih dari 337 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, pastinya memiliki keluarga yang beragam profesi. Ini artinya pluang untuk mengumpulkan dana zakat maal dari bentuk penghasilan dan perdagangan itu sangat besar peluangnya,” jelasnya.

Menurutnya, suasana Ramadan ini merupakan momentum yang tepat untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan dana zakat. “Di setiap lembaga masyarakat, bahkan di setiap masjid akan menyusun panitia yang bertugas sebagai ‘amil atau tim pengelola zakat fitrah. Terlebih lagi di lembaga pesantren dengan jumlah santri yang banyak akan menjadi peluang dalam pengumpulan dana zakat yang dapat dikelola dengan baik dan bisa didistribusikan kepada orang-orang yang berhak,” ujarnya.

Ramdan mengatakan, para peserta PKM ini mendapat gambaran umum terkait fikih zakat, manajemen zakat untuk pondok pesantren, hukum zakat di Indonesia dan praktik perhitungan zakat maal. “Mereka diajarkan bagaimana mengelola dan menghitung zakat maal secara langsung dengan contoh yang sesuai dengan realita di dunia Profesi dan Perdagangan,” katanya.

Hasil kegiatan ini kata Ramdan, pengelola zakat yang ada di pesantren lebih mengetahui dan memahami regulasi zakat berdasarkan hukum yang berlaku, peluang pengelolaan zakat di pondok pesantren, regulasi pembentukan lembaga amil zakat, juga perhitungan zakat maal bidang Profesi dan Perdagangan.

PKM ini selain diisi materi oleh ketua tim PKM, diisi juga oleh pemateri lainnya dari dosen Fakultas Syariah Unisba, seperti  Asep Ramdan Hidayat,  Ilham Mujahid,  dan Encep Abdul Rojak.

Kegiatan PKM ini tidak hanya dilakukan oleh tim dosen saja, namun juga melibatkan mahasiswa aktif yang sudah menempuh minimal dua semester, baik dari Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah maupun Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Di samping itu, terdapat juga mahasiswa akhir yang sedang atau akan menyusun skripsi, tujuannya agar mereka mendapatkan pembelajaran secara langsung dan juga menjadi bahan penelitiannya. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Rifa Ardi Gumelar, Elridsa Nur Azizah, Dian Qorri Roziah, dan Fitriani Rasela.(ask/png)

Categories: Agama,Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.