Fakultas Syariah Unisba Beri Pelatihan Literasi Keuangan Syariah Bagi UMKM Kab. Bandung

KOTA DBANDUNG, PRIPOS.ID (29/04/2021) – Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal ini Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Fakultas Syariah Unisba melakukan PKM bertajuk ‘Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi UMKM yang Terdaftar di Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bandung’ yang diikuti 20 orang pelaku UMKM Kab. Bandung serta dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting, Kamis (22/04).

Kegiatan ini terlaksana atas Kerjasama Fakultas Syariah Unisba dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bandung. Di samping itu, PKM ini didukung pula oleh Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu pemateri.

Ketua tim PKM, Yayat Rahmat Hidayat mengatakan, tujuan PKM ini yaitu adanya peningkatan literasi keuangan, khususnya bagi UMKM di Kab. Bandung.

“Indeks literasi keuangan syariah masih rendah, yaitu hanya 8,93%, jauh tertinggal dibandingkan literasi terhadap keuangan konvensional sebesar 37,72 pada tahun 2019. Dengan meningkatnya indeks literasi keuangan syariah diharapkan dapat meningkatkan pula market share ekonomi syariah yang masih rendah, yaitu hanya 9,68% pada Juli 2020,” katanya

Dia menuturkan, PKM ini dilaksanakan pada dua tahap, yakni pada pelatihan  peserta mendapat beberapa materi, diantaranya konsep dasar ekonomi syariah, akad & produk lembaga keuangan syariah, langkah-langkah membuat laporan keuangan, dan produk & mekanisme untuk mendapatkan pembiayaan di bank syariah.Tiga materi pertama disampaikan Dosen Fakultas Syariah Unisba diantaranya Akhmad Yusup,   Mohamad Andri Ibrahim, dan Nanik Eprianti.  Sementara materi keempat disampaikan oleh Area Mikro and Pawning Manager Bank Syariah Indonesia area Kota Bandung, Andy Sukmana.

Sedangkan tahap berikutnya lanjutnya, yaitu pendampingan yang dilaksanakan secara berkala setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan hingga Juni 2021. “Kegiatan pendampingan lebih ditekankan pada pembuatan laporan keuangan bagi UMKM, sebagai salah satu syarat mendapatkan pembiayaan mikro syariah,” katanya.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bandung, Neneng Zaenal Riani. Dia sangat mengapresiasi kegiatan ini karena baru pertama kalinya dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi. “Sebelumnya pernah dilakukan akan tetapi atas inisiasi DInas Koperasi dan UMKM Kab. Bandung, bukan melalui kegiatan PKM yang langsung diinisisasi Perguruan Tinggi,” ungkapnya.(ask/png)

Categories: Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.