Fakultas Syariah Unisba Jajaki Kerjasama dengan Pengadilan Agama Bandung

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (5/10/2021) – Era disrupsi merupakan sunnatullah yang tidak bisa dihindari. Manusia yang diberikan akal sehat, secara fitrahnya diberikan kelebihan oleh Allah SWT agar ingin tahu terhadap sesuatu, sense of curiosity sehingga kemajuan iptek semakin berkembang setiap masanya.

Perubahan revolusi industri sudah masuk ke level 4.0. Hal ini ditandai dengan berbagai kemajuan hasil capaian manusia menciptakan teknologi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia industri. Untuk menjaga kualitas pendidikan tinggi, perlu adanya penyelarasan antara dunia usaha dan dunia industri. Kesenjangan yang terjadi antara hasil lulusan dan praktik kerja  banyak disebabkan  belum terwujudnya keselarasan antara kurikulum dengan dunia kerja secara efektif.

Salah satu upaya  memecahkan kesenjangan tersebut dengan adanya kerjasama antara lembaga pendidikan dan lembaga pengguna pendidikan. Peradilan Agama (PA) termasuk salah satu pengguna lulusan dari Fakultas Syariah, yaitu Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah/ Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) karena keduanya memiliki kompetensi dalam bidang peradilan, penyelesaian perkara melalui litigasi dan nonlitigasi, juga komposisi mata kuliahnya banyak yang terkait dengan hukum.

Agar alumni Fakultas Syariah Unisba Bandung memiliki kemampuan teori dan praktik yang berkualitas, Fakultas Syariah menjajaki kerjasama dengan Pengadilan Agama Bandung. Secara umum, rencana kerjasama ini diarahkan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi, mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Di bidang pendidikan, termasuk di dalamnya penyediaan dosen tamu oleh PA, Kuliah Umum, Magang bagi Mahasiswa, KKL bagi mahasiswa, pelatihan bagi mahasiswa / dosen, juga program magang bagi mahasiswa yang termasuk salah satu program MBKM.

Perwakilan Fakultas Syariah yang hadir terdiri atas Dr. Amrullah Hayatudin, SHI., M.Ag selaku wakil dekan III, Encep Abdul Rojak, SHI., M.Sy selaku ketua Program Studi Ahwal al-Syakhsiyah, dan Dr. Shindu Irwansyah, Lc., M.Ag sebagai Sekretaris Program Studi Ahwal al-Syakhsiyah. Kedatangan tim ini disambut baik oleh pihak Pengadilan Agama Bandung, terlebih lagi  Ketua PA Bandung, Dra. Orba Susilawati, MHI dan wakil ketua PA Drs. Muhammad Kasim, M.H.

Sambutan Pengadilan Agama Bandung cukup baik, bahkan Ketua PA merespon positif rencana kerjasama ini. Ia menegaskan bahwa kerjasama ini dapat saling mengisi antara kedua pihak, baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Ia menambahkan bahwa sasaran utama  kerjasama adalah mahasiswa, dosen, dan pihak-pihak terkait. Ketika mahasiswa hanya mendapat pemahaman teori saja tanpa ada praktik secara langsung maka akan ada ketimpangan. Oleh Karena itu, rencana kerjasama ini disambut baik.(ask/png)

Categories: Agama,Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.