FEB Unisba Ajak UMKM Ahli Menghitung Harga Jual Produk

BANDUNG, PRIPOS.ID (27/3/2021) – Guna mengaplikasikan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, khusunya pengabdian kepada masyarakat (PKM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisba menyelenggarakan PKM bertajuk “Pelatihan Penentuan Harga Pokok Produk dan Harga Pokok Penjualan Kelompok Binaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Zakat” secara daring melalui Zoom Meeting, Jumat (12/03). Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang pengelola unit usaha di LPEM  BAZNAS Jawa Barat dan  menghadirkan para pemateri dari kalangan dosen FEB Unisba, yaitu Dr. Sri Fadilah, Dr, Kania Nurcholisah, Mey Maemunah, Nopi Hernawati, dan Yuni Rosdiana.

Ketua Tim PKM, Sri Fadilah membawakan materi “Perhitungan Harga Pokok Penjualan”, Yuni Rosdiana (Dosen FEB Unisba) membawakan  materi “Penentuan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok.”

Ketua tim PKM mengatakan, kegiatan ini terlaksana dalam rangka memberikan pelatihan penentuan harga pokok produksi dan penjualan pada program pemberdayaan ekonomi masyarakat pada wilayah binaan BAZNAS Jawa Barat  “Kami berharap  PKM ini dapat mengatasi salah satu kendala dan meningkatkan efektifitas program pemberdayaan yaitu tenaga ahli dan membantu pelaku UMKM agar memiliki daya saing. Untuk itu sifat harga pasar dan harga pokok penjualan harus dihitung secara lengkap, cermat,  mengandung aspek efisiensi, efektif, esuai dengan ketentuan keuangan dan akuntansi.” ujar Sri Fadilah.

Sri Fadilah menjelaskan, urgensi ketepatan penentuan harga pokok ini untuk menentukan ketepatan omset dan laba. Jika ketepatan  harga pokok ini rendah berakibat pada jangka pendek seperti laba namun jangka panjangnya mengalami kerugian.

Lebih jauh Sri Fadilah mengatakan, kegiatan ini merupakan program penawaran hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba yang salah satu programnya adalah pengembangan kewirausahaan untuk bermitra dengan wilayah binaan LPEM Baznas di Jawa Barat.(ask/png)

 

 

Categories: Berita Daerah,Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.