Gelar Pasar Mitra Tani di Medan, Kementan Dekatkan 12 Bahan Pangan Pokok dengan Masyarakat

MEDAN, PRIPOS.ID (30/04/2022) – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Pasar Mitra Tani di Medan, Sumatera Utara. Pasar Mitra Tani selain untuk menjamin ketersediaan bahan pangan pokok, juga untuk mendekatkan 12 bahan pangan pokok tersebut kepada masyarakat. Pasar Mitra Tani ini diselenggarakan Kementerian Pertanian dan bekerja sama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan.

Digelar di Lapangan Sejati Pratama, Medan pada Sabtu (30/4/2022), Pasar Mitra Tani mendapat apresiasi warga yang datang berbondong-bondong.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta jajarannya untuk terus turun ke lapangan menjamin pasokan pangan tak bermasalah. “Pangan rakyat tak boleh bersoal. Oleh sebabnya, pangan ini kebutuhan dasar yang harus terus terpenuhi. Maka, saya meminta kepada seluruh jajaran untuk turun ke lapangan menjamin ketersediaan bahan pangan pokok,” kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, pihaknya menggagas Pasar Mitra Tani atas perintah langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Pasar Mitra Tani ini untuk mendekatkan 12 bahan langan pokok kepada masyarakat kita, terutama saat Ramadhan ini dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” papar Ali.

Dikatakan Ali, Kementan memiliki peran untuk menjaga ketersediaan 22 bahan pangan pokok di pasaran. Dan di Sumatera Utara, khususnya Medan, Ali menyebut ketersediaannya sangat mencukupi.

“Alhamdulillah di Kota Medan atau di Sumatera Utara ini ketersediaannya mencukupi. Ada 25 stand bazzar masyarakat mitra kita semua dan masyarakat menikmati langsung harga yang terjangkau. Tujuanya apa, supaya menjelang Lebaran ini masyarakat terbantu,” papar Ali.

Dijelaskan Ali, di Sumatera Utara Direktorat Jenderal PSP sudah dua kali menggelar Pasar Mitra Tani. Harapannya, kata Ali, masyarakat bisa termudahkan dalam menjangkau kebutuhan bahan pangan pokok,” ujarnya.

Ali menambahkan bahwa ketersediaan bahan pokok ini harus terus dipantau. “Pak Menteri juga meminta kami memantau 2 minggu pasca-Lebaran agar ketersediaan bahan pangan pokok ini aman,” ujar Ali.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan Pasar Mitra Tani ini. Menurutnya, hal inilah yang harus disikapi bersama pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. “Dengan adanya Pasar Mitra Tani ini, kebutuhan bahan pangan pokok jadi terjangkau. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian atas terselenggarannya kegiatan ini,”ucap Edy (nor)

Categories: Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.