Indonesia Gelar Pertemuan Pertama para Sherpa di Jakarta, Awali Presidensi G20

JAKARTA, PRIPOS.ID (9/12/2021) – “G20 harus menjadi katalisator bagi pemulihan dunia yang inklusif, kuat, dan berkelanjutan,” demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi saat membuka pertemuan pertama Sherpa G20, tanggal 7 Desember di Jakarta. Acara yang berlangsung hingga 8 Desember 2021 ini merupakan pertemuan pertama dari 150 lebih pertemuan yang direncanakan berlangsung sepanjang Presidensi G20 Indonesia.

Menlu Retno juga dorong G20 untuk mencapai hasil konkret di tiga prioritas, yaitu kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi “yang akan membawa manfaat besar bagi masyarakat dunia dan pencapaian SDGs”.

Senada dengan pernyataan tersebut, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam pidato kuncinya menyampaikan bahwa G20 harus memajukan agenda yang forward-looking dan action-oriented. Menko Airlangga sampaikan beberapa rencana strategis Presidensi G20 Indonesia, termasuk mobilisasi pendanaan kesehatan global, mewujudkan vaccine hub di berbagai kawasan dunia, pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi, hingga kerjasama teknologi bidang energi.

Categories: Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.