Kementan Yakini Stok Cabai Rawit Jelang HBKN Aman dan Mencukupi

JAKARTA, PRIPOS.ID (15/03/2022) – Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), Kementerian Pertanian dan petani di wilayah sentra berupaya turut berpartisipasi mengamankan stok cabai. Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto optimistis bahwa pasokan cabai tahun ini akan mencukupi.

“Untuk menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri, kita harus pastikan agar stok tersedia dalam jumlah yang cukup. Meskipun gejolak harga umum terjadi, kami berupaya meminimalisir sebisa mungkin,” ujar Anton, panggilan akrabnya lewat rilisnya yang dikirim ke redaksi Pripos.id Selasa, 15 Maret 2022.

Jika dilihat dari data Early Warning System (EWS), lanjut Anton, ketersediaan aneka cabai pada bulan April berpotensi mengalami penurunan akibat dari cuaca ekstrim hujan cukup panjang, sementara pertanaman cabai cukup sensitif terhadap iklim basah.

Berdasarkan angka perkiraan produksi bulan April produksi cabai besar nasional sebesar 107.932 ton dengan kebutuhan sebesar 109.125 ton sedangkan untuk cabai rawit diperkirakan total produksi nasional sebesar 112.490 ton dengan kebutuhan diperkirakan sebesar 114.738 ton, sehingga neraca aneka cabai diperkirakan cukup terganggu.

Categories: Advetorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.