Kemudahaan Akses dan Manfaat Kartu Diaspora Indonesia

KUWAIT, PRIPOS.ID (29/06/2020) – Tidak hanya masyarakat yang berada di Indonesia, Diaspora Indonesia di luar negeri juga dapat berkontribusi bagi bangsa dengan caranya tersendiri. Diaspora dapat berbagi keahlian hingga berinvestasi di Indonesia. Kementerian Luar Negeri menerbitkan “Kartu Masyarakat indonesia di Luar Negeri” (KMILN) untuk menjadi identitas dan mempermudah para Diaspora untuk mendapatkan berbagai manfaat.

Kementerian Luar Negeri dan KBRI Kuwait City selenggarakan diskusi daring bertajuk “Gampang-Gratis Daftar KeMILen” untuk berdiskusi dan mendapatkan masukan masukan dari para Diaspora Indonesia mengenai KMILN (27/06/2020). Tercatat diskusi ini diikuti oleh para Diaspora dari kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, UAE, Oman, Qatar dan Sudan.

Diskusi berlangsung dengan aktif, para Diaspora memberikan saran untuk meningkatkan kemudahan pengisian pendaftaran KMILN, antara lain konektivitas atau integrasi sistem KMILN dengan sistem Lapor Diri online di portal Peduli WNI. Diaspora Indonesia juga berharap agar KMILN dapat digunakan untuk berbagai keperluan di Indonesia seperti membuka rekening bank, membeli properti dan mendirikan badan usaha. Harapan lainnya adalah agar KMILN dapat menawarkan manfaat yang lebih banyak dan bervariasi, sebagaimana kapasitas dan ketertarikan diaspora Indonesia yang juga beragam.

Sebagai tambahan informasi, Kementerian Keuangan RI telah mempersiapkan penerbitan Diaspora Bonds yang ditawarkan untuk para Diaspora Indonesia. Melalui Diaspora Bonds ini, diaspora Indonesia dapat berinvestasi sekaligus berpartisipasi membantu pembangunan tanah air.

​Melalui KMILN, Diaspora Indonesia di luar negeri mendapatkan tanda pengenal sekaligus akan mendapatkan manfaat seperti informasi mengenai Diaspora Bonds dan kemudahan-kemudahan lainnya. Bagi Indonesia, KMILN dapat membantu untuk memperkuat jejaring potensi dan promosi Indonesia di luar negeri.(KBRI Kuwait City/ask)

Categories: Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id