Kodim 0502 Bersama Koramil Tanjung Priok  Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Melalui Mitra Jaya

JAKARTA, PRIPOS.ID (13/03/2021) – Dalam upaya pertahanan keamanan, Tentara Nasional Indonesia mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk  Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang merupakan upaya pengerahan seluruh kekuatan nasional demi  menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mengamankan segala usaha untuk mencapai tujuan nasional.

Komando Rayon Militer (Koramil) mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai ujung tombak pelaksanaannya. Berdasarkan UU no 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara ada nya  Sistem Pertahanan Semesta. Dan  Koramil mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat yang meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial dalam rangka menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya untuk kepentingan Pertahanan Keamanan Negara.

Kodim  0502 dan  Koramil  Wilayah kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara tumbuhkan rasa bela negara bersama Mitra Babinsa diisi dengan berbagai kegiatan bersama warga . Koramil  adalah satuan teritorial dan berada tingkat Kecamatan yang merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat  yang langsung berhubungan dengan pejabat dan masyarakat sipil dan Koramil berada di bawah kendali KODIM.

Sedangkan Dibawah KORAMIL, tingkat desa atau wilayah , ada lagi Bintara Pembina Desa atau yang familiar di sebut dengan  Babinsa . Dari Babinsa lah perpanjangan tangan tugas dan kewajiban TNI AD menjaga keamanan dan kestabilitas sosial masyarakat karena Babinsalah   yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sipil .

Mitra Babinsa merupakan ujung tombak keamanan masyarakat , Babinsa lah yang tiap saat berada di wilayah dan  bersama masyarakat menjaga stabilitas keamanan  lingkungan . Meninjau kedekatan Mitra Babinsa dengan masyarakat maka banyak berbagai kegiatan warga yang dimana Babinsa ikut serta dalam kegiatan itu.

Banyak sekali kegiatan kemasyarakatan yang di bangun demi menjaga keamanan dan ketertiban ,seperti patroli pada malam hari yang setiap malam di lakukan oleh Babinsa di bawah komando Koramil. Biasanya kenakalan remaja atau kriminalisasi banyak sekali terjadi di malam hari ,menindak lanjuti hal ini Babinsa bahu membahu menjaga wilayah dengan patroli malam hari ,terutama wilayah Tanjung Priok dimana setiap orang tahu banyak sekali terjadi tindak kriminalisasi di sana ,karena Tanjung Priok terdapat pelabuhan yang merupakan akses  penyebrangan laut  dimana banyak warga dari luar wilayah menggunakan sarana penyebrangan itu.

Selain patroli malam,Koramil bersama Babinsa juga lakukan monitoring kegiatan warga per kelurahan ,baik kegiatan kerja bakti dan gotong royong juga kegiatan lain nya .

Di masa Pandemi Covid 19 yang tengah terjadi saat ini peran TNI pun sangat lah penting , ia merupakan garda terdepan dalam menerapkan gugus tugas Covid 19. Pemerintah bersama TNI sangat konsen  dalam musibah nasional bahkan dunia demi memutus mata rantai penyebaran virus yang sangat mematikan .

Meninjau kinerja satgas gugus tugas covid ,Koramil bersama mitra Babinsa terapkan edukasi covid 19 ke warga dengan melakukan woro-woro ke pusat keramaian dan juga Tracer covid 19 bersama 3 Pilar . Pembagian masker yang lansung di berikan ke warga  door to door , juga menjelaskan apa itu Prokes (protokol kesehatan) yang pemerintah terapkan.

Mensinyalir penerapan prokes ini para mitra Babinsa aktif sosialisasikan 3 M langsung ke warga ,menjelaskan apa itu 3 M di kehidupan sehari-hari . Selain mengedukasi Prokes 3 M (memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak ) Babinsa di wilayah Koramil Tanjung Priok lakukan penyemprotan Desinfektan kerap membunuh dan menghilangkan virus covid 19 dari warga yang  di lakukan  seluruh wilayah teritorial Koramil Tanjung dengan menyisir kampung-kampung yang ada di kecamatan Tanjung Priok.

Dan melihat situasi ekonomi di masa Pandemi saat ini banyak warga yang di himpit kemiskinan juga banyak nya perusahaan yang terpuruk hingga timbul lah jumlah angka  pengangguran baru , terkait hal itu selain pemerintah berikan bantuan sosial melalui kementrian sosial juga pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur DKI  Jakarta ,Koramil Tanjung Priok bersama mitra Babinsa pun ikut berpartisipasi sosial dengan lakukan pemberian makan gratis ke warga yang di lakukan setiap Minggu nya , nampak lah kedekatan emosional antara warga masyarakat dengan mitra Babinsa juga Koramil . Warga masyarakat pun sangat apresiasi dengan berbagai macam kegiatan masyarakat yang di lakukan oleh mitra Babinsa dan juga Koramil.

Di sela-sela kegiatan mitra Babinsa bersama warga ,Pangdam Jaya, Mayjen Dudung Abdurachman adakan kunjungan wilayah ke kampung Tangguh ,demi melihat secara dekat sinergiritas mitra Babinsa dalam penerapan gugus tugas covid 19. Kedatangan Pangdam kali itu sangat memberikan energi positif bagi warga , dengan pemberian 1000 masker , hand sanitizer dan sembako  kepada warga di kampung Tangguh ,Sunter Jaya .Selain pemberian bantuan pangdam jaya pun meninjau secara langsung kehidupan warga yang saling bahu membahu  memberikan perhatian satu sama lain kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri . Warga sangat apresiasi atas kunjungan Mayjen Dudung Abdurrachman.

Disinilah kita sama- sama menilai bahwa Bela Negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI (tentara Negara Indonesia) tapi juga merupakan tugas kita bersama sebagai warga masyarakat yang berdaulat , berpegang teguh pada asas undang-undang juga Pancasila . Melihat dari hal ini sesuai dengan UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dimana pada pasal 2 dinyatakan bahwa “Hakikat pertahanan negara adalah  segala  upaya  pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri”.

Bersama kodim 0502 dan Koramil Kecamatan Tanjung Priok kita tumbuhkan kesadaran bela Negara demi kesatuan dan kedaulatan NKRI di mulai dari keluarga ,masyarakat dan juga sekolah ,sehingga Negara Indonesia tercinta  aman ,nyaman dan kondusif.(red)

Categories: Artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.