Kopaska Beri Brevet Kehormatan ‘Manusia Katak’ Kepada Pangkoarmada I

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Pripos.id (30/06/2020) – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, SE, MM. menerima Brevet Kehormatan Manusia Katak. Brevet kehormatan itu diserahkan dalam Manlap Latihan Peperangan Laut Khusus Koarmada I dan Penyematan Brevet Kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska) kepada Pangkoarmada I di Pulau Damar, Kepulauan Seribu , Selasa (30/06/2020).!

Penyematan Brevet Manusia Katak dari Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada I kepada Pangkoarmada I disematkan oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Sat Kopaska) Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi. Sebelum mendapat Brevet Kehormatan Manusia Katak, Pangkoarmada I bersama dengan Tim Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada I terlebih dahulu melaksanakan tahapan ujian sebagai prajurit Pasukan Katak dengan melaksanakan operasi simulasi penghancuran markas musuh yang berada di Pulau Damar.

Kegiatan operasi diawali menerima perintah operasi dilanjutkan dengan melaksanakan Maritime Interdiction Operation (MIO) dan Visit Board Search and Seizure (VBSS) pada markas musuh di perairan pulau damar. Kegiatan dilanjutkan dengan pendaratan pantai (over the beach), kemudian Pangkoarmada I melaksanakan Pandu Udara Tim 3 (free fall) exit dan diakhiri dengan melaksanakan Beach Clearance di Pantai perairan Pulau Damar

Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah Pasukan Khusus dari TNI Angkatan Laut. Semboyan dari korps ini adalah “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang berarti “Tak ada rintangan yang tak dapat diatasi”.

Korps ini secara resmi didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno. Tugas utama dari pasukan ini adalah peledakan/demolisi bawah air termasuk penyerangan rahasia ke kapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteror di laut/maritime “counter terorism”. Jika tidak sedang ditugaskan dalam suatu operasi, Tim Paska dapat ditugaskan menjadi pengawal pribadi VIP seperti Presiden dan Wakil Presiden RI.(nor)

Categories: Berita Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id