LIPI Perpanjang Seleksi Terbuka Tiga Jabatan Pimpinan Tinggi

JAKARTA, PRIPOS.ID (21/01/2021) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memanggil Pegawai Negeri Sipil (PNS) putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi garda terdepan dalam perkembangan riset dan inovasi sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan LIPI. Ketiga posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang dibuka adalah Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, dan Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan.

Jakarta, 15 Januari 2021. Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan LIPI saat ini masih terbuka untuk tiga posisi, dengan rincian satu JPT Madya dan dua JPT Pratama. JPT Madya yang dibuka adalah untuk jabatan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, sedangkan dua JPT Pratama yang dibuka adalah untuk jabatan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan serta Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan.

Sebelumnya proses seleksi administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Madya dilakukan pada 8-15 Desember 2020. Namun, jumlah pelamar yang memenuhi syarat pada beberapa jabatan masih dipertimbangkan. Pasalnya, jumlah pelamar masih belum sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Selain itu, ketentuan seleksi juga diatur dalam Surat Edaran MenPANRB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah Dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dampaknya, pengumuman hasil seleksi administrasi yang semula dijadwalkan pada tanggal 17 Desember 2020 ditunda sampai dengan terbitnya rekomendasi lebih lanjut dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Setelah mendapatkan rekomendasi KASN, dari tujuh posisi JPT yang proses seleksi terbukanya telah dimulai pada akhir 2020 lalu, empat JPT Pratama yang kemudian terpaksa ditunda pelaksanaannya, disebabkan jumlah pelamar yang minim. Keempat JPT tersebut adalah Kepala Pusat Dokumentasi dan Depositori Ilmiah, Kepala Pusat Penelitian Teknologi Pengujian, dan Kepala Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya. Selama proses lowongan terbuka berjalan, posisi JPT tersebut hingga saat ini masih dijalankan oleh pejabat pelaksana tugas (Plt.).

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko berharap kandidat JPT yang akan bergabung di LIPI dapat turut mendukung transformasi LIPI. “LIPI telah secara penuh mengimplementasikan perubahan proses bisnis dan tata kelola, alias transformasi manajemen riset yang mencakup tiga sumber daya pendukung riset utama, yaitu SDM Riset sebagai modal utama, infrastruktur riset, dan tata kelola anggaran,” tuturnya. “Kesempatan ini sangat terbuka bagi para pelamar untuk bergabung bersama LIPI, bersama-sama kita membangun bangsa dengan ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menjelaskan bahwa panitia seleksi terbuka masih mendorong PNS baik di dalam dan luar LIPI untuk tidak ragu-ragu mendaftar seleksi terbuka tersebut. “Proses seleksi tiga jabatan tersebut diperpanjang hingga 8 Februari 2021. Rencananya semua proses seleksi akan dilaksanakan secara daring,” jelas Nur.

Informasi lengkap mengenai persyaratan dan ketentuan seleksi terbuka tersebut dapat dilihat melalui tautan seleksiterbuka.lipi.go.id. Calon pelamar dapat mengunduh formulir pendaftaran serta dokumen persyaratan dan kelengkapan yang dibutuhkan.(dwiki/png)

Categories: Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id