Mahasiswa UPI Bandung Kembali Ikuti Uji Kompetensi di LSP Unisba

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (27/01/2020) – Selama dua hari (Senin-Selasa) 27-28 Januari bertempat di Kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) Jalan Tamansari 1 Bandung, sebanyak 22 mahasiswa tingkat akhir Fisip UPI Bandung mengikuti Uji Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unisba. Keduapuluh dua mahasiswa UPI tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni skema pengelolaan komunikasi program televisi (asisten produser televisi) diikuti sebanyak 13 orang, peserta skema pengelolaan media jurnalistik siaran sebanyak 4 orang, dan 13 orang mengikuti skema pengelolaan kehumasan.

Kegiatan ini merupakan kedua kalinya, setelah beberapa waktu lalu mahasiswa Fisip UPI Bandung mengikui program yang sama. Menurut Ketua LSPU Kiki Zakiah, keikutsertaan mahasiswa UPI ini setelah kedua belah pihak Unisba dan UPI Bandung menandatangani MOU kerjasama akademik.

“Setelah kami menyerahkan sertifikat keahlian untuk mahasiswa UPI yang telah mengikuti uji kompetensi beberapa waktu lalu kini untuk kedua kalinya kami melanjutkan kerjasama dengan menyelenggarakan uji kompetensi tiga skema yang diikuti 22 mahasiswa UPI,” jelas Kiki.

Kegiatan ini menurut Kiki dilaksanakan selama dua hari, diawali pembekalan materi untuk para peserta, dilanjutkan uji lisan dan tulisan sesuai skema yang dipilih mahasiswa. Pada bagian akhir proses uji komptensi para peseta langsung mengikuti uji observasi yang dilaksanakan di TUK (Tempat Uji Kompetensi) milik LSPU, yakni skema kehumasan di TUK Lab Simulasi, skema media jurnalistik di TUK Lab Fotografi, Lab Radio dan Lab TV. Sementara untuk skema program tv dilaksanakan di TUK Lab Televisi Fikom Unisba.

Kiki menyebutkan, mulai tahun 2020 semua mahasiswa tingkat akhir Unisba diwajibkan mengikuti kegiatan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat keahlian sebagai surat pendamping ijazah. Sertifikat keahlian ini sebagai syarat kelulusan mahasiswa Unisba.

“Meskipun demikian LSPU tetap menerima peserta uji kompetensi dari perguruan tinggi dengan syarat perguruan tinggi tersebut sudah melalui proses kesepakatan kerjasama seperti yang sudah dilakukan Unisba dan UPI Bandung,” pungkas Kiki.(ask)

Categories: Iptekni

Pripos.id