Maksimalkan Bekas TPS menjadi Taman dan Tempat Kuliner

BEKASI, JAWA BARAT, PRIPOS.ID (01/04/2021) – Balai Lansia “Budhi Dharma” di Bekasi milik Kementerian Sosial RI terus mengembangkan inovasi layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi lanjut usia. Setelah meluncurkan Agrowisata Lansia sebagai inovasi pengembangan kawasan ramah lanjut usia, kini inovasi mengubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) menjadi taman dan tempat kuliner akan dikembangkan sebagai wujud pemberdayaan sosial lanjut usia.

Langkah pembersihan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kompleks Liposos Bekasi  menindaklanjuti arahan Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat dalam kesiapan Balai/Loka  untuk membangun Sentra Kreasi ATENSI (SKA) untuk lanjut usia.

Kepala Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi meninjau lokasi TPS yang akan di pergunakan sebagai lokasi SKA setelah di bersihkan.
” Rencananya TPS ini dibersihkan untuk kemudian dijadikan taman dan tempat kuliner, “ujar Pujiyanto

Dalam pelaksanaannya, pembersihan sampah dilakukan bersama Balai Karya “Pangudi Luhur” Bekasi, Balai Disabilitas “Tan Miyat” Bekasi dan pengelola Gedung Aneka Bakti Bekasi sejak  Senin, (29/3/2021) agar kawasan tersebut menjadi rapi dan bersih, dan selanjutnya akan diubah menjadi taman dan tempat kuliner.

Sampah sampah dipilah dan dimanfaatkan oleh penerima manfaat Balai Karya “Pangudi Luhur” di Bekasi yang mengikuti pelatihan daur ulang pengelolaan sampah non organik, sehingga lahan bekas pembuangan sampah yang sudah bersih bisa di maksimalkan pemanfaatannya untuk taman dan tempat kuliner.

Lahan yang strategis berada di pinggir jalan raya dan Gedung Aneka Bakti Kementerian Sosial RI di Bekasi yang dipergunakan untuk acara (pernikahan,resepsi, dll) saat akhir pekan menambah nilai plus perencanaan konsep inovasi dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak hak dan pemberdayaan bagi lanjut usia melalui adanya Sentra Kreasi ATENSI(SKA).

SKA sebagai pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya penerima manfaat dalam satu kawasan nantinya akan dipasarkan hasil karya PM, kreasi produk olahan kebun agrowisata (singkong dan ubi) dan kuliner dengan konsep kafe TUA yang menyediakan aneka minuman seperti kopi dan makanan ringan sebagai pendamping kopi yang bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Sentra Kreasi ATENSI (SKA) dan Agrowisata Lansia  Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi.(nor)

Categories: Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.