Menag Apresiasi Upaya Kelompok Sosial Keagamaan atasi Covid-19

JAKARTA, PRIPOS.ID (12/01/2021) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi upaya berbagai kelompok sosial keagamaan dalam menangani dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, gerakan berbagai upaya kelompok sosial keagamaan ini menjadi modal sosial yang luar biasa dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Hal ini disampaikan Menag Yaqut saat menerima Pengurus Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. “Luar biasa di Indonesia. Semua pihak langsung bergotong royong saat terjadi pandemi ini. Yang saya salut, kelompok sosial keagamaan banyak yang menjadi inisiator untuk terdepan dalam menangani Covid-19 ini,” ungkap Menag Yaqut, Senin (11/01).

Sebelumnya, Ketua Umum Permabudhi Arief Harsono melaporkan bahwa umat Buddha dari berbagai majelis yang tergabung dalam Permabudhi telah melakukan upaya penanganan covid-19, salah satunya dengan melakukan bakti sosial. Salah satu lembaga yang banyak melakukan bakti sosial selama pandemi ini adalah Yayasan Buddha Tzu Chi.

Berdasarkan laporan yang disampaikan kepada Menag, Yayasan Buddha Tzu Chi mampu mengumpulkan donasi lebih dari 500 miliar rupiah yang selanjutnya disalurkan dalam berbagai macam bantuan. Mulai dari penyediaan sembako, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), hingga alat-alat medis seperti ventilator. Donasi ini menurut Arief banyak bersumber dari para pengusaha yang ada di Indonesia.

“Pengusaha itu kalau sudah denger bantuan sosial gini tuh cepat pak. Yang penting namanya bisa dipercaya pak,” ungkap Arief yang juga didampingi Dewan Pengawas Permabudhi Sudhamek AWS dan Ketua Permabudhi Hong Tjhin.

Menanggapi hal tersebut, Menag mengaku bersyukur dan berharap akan semakin banyak lagi lembaga sosial keagamaan yang mengikuti langkah ini. “Ini negara sangat terbantu. Kalau semakin banyak kelompok sosial keagamaan yang mau melakukan hal serupa, tentu tugas pemerintah akan lebih ringan, dan saya optimis bangsa ini akan mampu melalui pandemi ini dengan baik,” ujar Menag.(indah limy/asku)

Categories: Agama

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id