Momentum Hakteknas Untuk Solusi Dan Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta, Pripos.id (10/08/2020) – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-25 dengan tema “Inovasi Indonesia sebagai Solusi”.Peringatan HAKTEKNAS yang setiap tahun diadakan pada tanggal 10 Agustus, merupakan momentum anak bangsa untuk mensosialisasikan hasil-hasil riset, teknologi, dan inovasi yang telah dihasilkan oleh inventor dan inovator Indonesia, sebagai solusi atas berbagai permasalahan di berbagai sektor. Produk-produk inovasi yang dihasilkan, tentu saja diharapkan dapat mendorong kemandirian bangsa, serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.Acara puncak sekaligus peluncuran rangkaian peringatan HAKTEKNAS ke-25 tahun 2020 diselenggarakan secara semi virtual dari gedung BJ Habibie dan menjadi bagian dari peringatan 75 tahun kemerdekaan RI. Acara berlangsung pada Senin (10/08/2020).-

Pada kesempatan peringatan Hakteknas tersebut, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dalam sambutanya menyampaikan, “Litbangjirap hendaknya menjadi arus utama dalam meningkatkan kemandirian bangsa dan diharapkan litbangjirap memprioritaskan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) serta menjadi komponen utama perhitungan TKDN dalam berinovasi dan kreativitas,” Kata Wapres Ma’ruf.

“Inovasi harus menjadi arus utama untuk solusi dan transformasi ekonomi menuju visi Indonesia Emas 2045, apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini bisa menjadi pembelajaran bagaimana mewujudkan ketahanan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan khususnya dibidang kesehatan,” ujar Wapres Ma’ruf

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro, menyampaikan, “Hakteknas Ke-25 Tahun 2020 ini fokus menampilkan teknologi keunggulan riset dan inovasi untuk kemandirian bangsa. Mari kita sukseskan transformasi Indonesia dari negara berbasis sumber daya alam menjadi negara berbasis inovasi,” kata Menteri Bambang.

“Dengan teknologi keunggulan riset dan inovasi, saya berharap Indonesia yang mandiri, maju dan sejahtera dapat kita wujudkan bersama,” tutup Menteri Bambang.(nor)

Categories: Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id