Momentum Hari Pahlawan, CBB Foundation Gelar Bakti Sosial di Sungai Cibarengkok

GARUT, PRIPOS.ID (10/11/2019) – Yayasan CBB Foundation bersama Dinas PUPR Kabupaten Garut, CDK V Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Forkopimcam Kecamatan Cikajang dan Pemerintah Desa Mekarjaya menggelar Bakti Sosial Penanaman 5000 pohon dan bersih-bersih Sungai Cibarengkok, mengusung tema “Hijaukan Alamku Bersihkan Sungaiku Makmurlah Rakyatku”. Kegiatan bertempat di Sungai Cibarengkok, Kampung Pamegatan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang. Minggu (10/11/2019)

Dalam rangka mengisi Hari Pahlawan 2019 Yayasan Citra Bina Bangsa (CBB) Indonesia Menggelar Rencana Aksi Konservasi tanah dan air dikemas dalam kegiatan Bakti Sosial dengan dua program kegiatan ; Pertama, Saber Sungai (Sapu Bersih Sampah Sungai) dan kedua, Saber Pungli (Sabilulungan Bergerak Perbaiki Lingkungan). Rencananya program tersebut akan dilaksanakan di 4 Desa di Kecamatan Cikajang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Yayasan Citra Bina Bangsa Indonesia, Uun Prinawaty, A.Ks., S.Sos.

Dikatakan Uun, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong di masyarakat yang hampir punah. Terlebih kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, kebersihan sungai dan sampah sepertinya sudah masa bodoh.

“Semoga dengan kegiatan Saber Sungai dan Saber Pungli ini dari mulai masyarakat, aparat pemerintahan, termasuk para pemangku kebijakan memiliki konsentrasi terhadap konservasi tanah dan air khususnya. Agar memiliki perhatian dalam program perbaikan lingkungan, program kebersihan sungai, dan program tata kelola sungai,” papar Uun.

Penanaman pohon sebanyak 5000 pohon menggunakan Sistem Adopsi Pohon dan Wali Pohon sehingga pohon- pohon yang ditanam ada yang bertanggung jawab dalam pemeliharaannya.

Sementara Camat Cikajang Rahmat Alamsyah, S.Sos., kepada Pripos.Id menyampaikan apresiasi terhadap Baksos tersebut. Atas kerjasama dari berbagai stakeholder maka Minggu, 10 November bertepatan dengan hari Pahlawan kegiatan bisa dilaksanakan. Kondisi Sungai Cibarengkok bisa dikatakan mengkhawatirkan, dengan tumpukan-tumpukan sampah yang mengakibatkan pendangkalan sungai sehingga kegiatan ini cukup bermanfaat.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, atas kerjasama dari berbagai stakeholder yang turut terjun mengikuti Baksos ini,” katanya.

“Kondisi Sungai Cibarengkok yang sudah mengkhawatirkan, banyaknya tumpukan sampah mengakibatkan pendangkalan sungai. Sehingga harus dilakukan pengerukan terhadap sampah-sampah tersebut. Makanya kami akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Garut,” ungkap Rahmat.

Tak kurang dari 500 orang mengikuti kegiatan tersebut, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat,seperti Destana, PRB, anggota Koramil 1116/ Cikajang, Ormas, OKP, Satuan Bakti Sosial Mahasiswa dari STKS Bandung dan masyarakat setempat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Cikajang Rahmat Alamsyah, S.Sos., Danramil 1116/ Cikajang Kapten Inf Didi Suryadi, Kapolsek Cikajang diwakili Bhabinkamtibmas Desa Mekarjaya Brigadir Ridwan Thoharudin, Ir. Benni Nugraha dan Mulyadi Dinas PUPR, Eden Dinas Kehutanan, Sukanda Kades Mekarjaya, Ormas dari Korps Bela Negara, Pemuda Pancasila, Gibas, SBSM STKS Bandung, CBB, dan Karang Taruna. (Bilal)

Categories: Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id