Pangkoarmada I hadiri Apel Operasi Lilin 2020

JAKARTA, PRIPOS.ID (22/12/2020) – Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. menghadiri Apel dimulainya Operasi Lilin Jaya 2020 yang digelar Polda Metro Jaya di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Senin (21/12/20)

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2020 ini sebagai pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Kapolda Metro Jaya, Kapolri mengingatkan “bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru timbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,”

Pelaksanaan operasi digelar selama 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021. Polri telah menyiapkan personel gabungan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru sebanyak, 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain-lain.

Selesai Apel Kesiapan, Pangkoarmada I berpesan kepada personel yang terlibat mendukung operasi tersebut, yakni unsur personel POM Lantamal III sebagai unsur POM wilayah yang akan memberikan bantuan kepada Polri (Polda Metro) untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.(nor)

Categories: Hankam

Leave A Reply

Your email address will not be published.