Pangkoarmada I: TNI AL Tindak tegas Prajurit yang terbukti terlibat penyelundupan PMI

Tanjung Balai Asahan, Pripos.id (08/01/2022) – Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah melakukan konferensi pers terkait penggagalan PMI Ilegal di Tanjung Balai Asahan, Sabtu (8/01/22)
Komitmen TNI AL sudah sangat jelas dan tegas, tidak ada kompromi dengan segala bentuk upaya yang termasuk termasuk tindak pidana dan pelanggaran di Laut.

Koarmada I melalui F1QR (First Fleet Quick Respon) Lanal Tanjung Balai Asahan berhasil menggagalkan upaya dugaan penyelundupan manusia atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari tanjung Balai Asahan menuju Malaysia.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ini menemukan 52 orang terdiri dari 34 laki-laki, 18 perempuan (17 dewasa dan 1 balita) menumpang sebuah kapal kayu tanpa identitas (nama) dan dokumen, diperkirakan 5 GT diawaki 1 orang sebagai Nahkoda.

Dalam keterangannya, Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, mengatakan bahwa keberhasilan menangkap ini tidak terlepas dari informasi masyarakat dan kerjasama antar instansi terkait di wilayah tanjung balai dan asahan.

Hal ini juga membuktikan bahwa TNI AL bertindak tegas tanpa kompromi sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut. Tidak ada pembiaran apalagi membekingi kegiatan-kegiatan ilegal seperti penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini.” Lanjutnya

Berdasarkan pemeriksaan sementara tidak ada dugaan keterlibatan prajurit TNI AL dalam upaya ilegal ini.

“Bila dalam pemeriksaan lanjutan ada dugaan keterlibatan personel TNI Angkatan Laut, kita akan tindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.” Tegas Panglima.(nor)

Categories: Artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.