Pascasarjana Unisba dan Darul Hikam Bandung Kolaborasi Gelar PKM

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (6/04/2021) – Program Studi Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Pascasarjana Unisba bekerjasama dengan Direktorat Dakwah dan Pemberdayaan Umat Yayasan Darul Hikam Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Bincang Ekonomi Syariah (BIESYAR)”. Ketua Prodi Doktor Ilmu Hukum yang juga Pakar Hukum Ekonomi Syariah, Prof. Neni Sri Imaniyati mengatakan, tujuan terselenggaranya acara ini yakni agar masyarakat lebih memahami Ekonomi Syariah untuk percepatan implementasi Ekonomi Syariah di Indonesia. Juga untuk menyiapkan kader-kader penggerak Ekonomi Syariah di masa yang akan datang. Menurutnya, edukasi tentang ekonomi syariah kepada masyarakat sangat diperlukan.

Mengingat Indonesia dengan jumlah penduduk hampir 250 juta dan lebih dari 90% beragama Islam, jauh ketinggalan dibandingkan dengan Malaysia yang jumlah penduduknya lebih sedikit dan mayoritas penduduknya bukan muslim. Hal ini antara lain dilihat dari market share Bank Syariah di Malaysia mencapai 20%, jauh mengguli Indonesia yang baru mencapai 6 %. Selain itu juga Malaysia  lebih maju
dan progresif dalam penghimpunan ZIS (Zakat, Infak, shodaqoh) dan pengelolaan wakaf produktif.

Sementara itu ketua panitia, Faisyal M Syahri Alwi mengungkapkan, kegiatan ini diikuti oleh 699 peserta dengan berbagai latar belakang, mulai dari dosen, guru, pegawai swasta, wirausaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, bahkan TNI dan Polri. Hal ini memperlihatkan antuasiasme masyarakat yang begitu besar untuk memahami Ekonomi Syariah. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi sumbangsih PDIH Pascasarjana Unisba dan Direktorat Dakwah dan Pemberdayaan Umat Darul Hikam dalam pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia.

Hingga pertemuan ke 11 di akhir bulan Maret 2021, peserta memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. 97 % peserta merasa puas terhadap penyelenggaraan dan narasumber. Salah seorang peserta, Julius Usman Baharudin mengatakan, melalui kegiatan ini kita bisa bersilaturahim dengan narasumber yang luar biasa prestasi dan perjuangannya dalam meningkatkan dan menegakkan bidang ekonomi syariah. Mengetahui pengertian, prinsip,sifat dasar dan tujuan ekonomi syariah.

Fitri Nurafifah, CEO Teman Halal mengemukakan pendapatnya, “MasyaaAllah sekali Islam sangat komperhensif dalam menata tatanan kehidupan, termasuk sektor ekonomi yang tujuannya adalah kemaslahatan umat,”.BIESYAR merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Ekonomi Syariah secara teoritis dan praktis yang dapat diikuti  semua lapisan masyarakat sehingga pengetahuan tentang ekonomi syariah dapat diperoleh tidak hanya di bangku sekolah atau perkuliahan.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selasa malam secara virtual melalui Zoom Meeting. Rencananya akan dilaksanakan secara berseri di mana setiap Seri dilakukan dalam 24 pertemuan. Seri Pertama mengkaji Dasar-Dasar Ekonomi Syariah dimulai pada Januari s.d Juni 2021. Ke depan akan dilanjutkan tentang Ekonomi Syariah pada Lembaga Keuangan Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Ekonomi Syariah terkait Industri Produk Halal.

BIESYAR pada series pertama ini membahas tentang dasar-dasar ekonomi syariah. Topik yang dikaji antara lain,pengertian, sumber, prinsip-prinsip, perbedaan dan keunggulan ekonomi syariah dibanding ekonomi konvensional, Histori of Islamic Economic, Ekonomi
Syariah ‘Ala Rasulullah Saw, berbagai macam akad pada Ekonomi Syariah, yaitu akad komersial dan akad sosial, Transaksi yang dilarang dan Akhlak Bisnis Islami / Bisnis Halal.

BIESYAR menghadirkan narasumber utama Prof. Dr. Hj. Neni Sri Imaniyati, Guru Besar Fakultas Hukum Unisba yang juga sebagai Wakil Ketua Yayasan Darul Hikam Bandung. Narasumber lainnnya adalah dosen, alumni,dan mahasiswa PDIH Pascasarjana Unisba, antara lain Dr. Neneng Nurhasanah, Dra.,MH, Dr. Sandi Rizki Febriandi, Dr. Asep Sojali, Panji Adam Putra.  Selain itu juga pegiat di bidang ekonomi syariah dan para praktisi, seperti Notaris, Direksi BPRS, Arbiter dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).(ask/png)

Categories: Berita Daerah,Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.