Peingati HUT Ke-53, Prajaniti Gelar Syukuran Secar Virtual

JAKARTA, PRIPOS.ID (16/08/2021) – Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, beragam kegiatan digelar organisasi Prajaniti Hindu Indonesia dalam memperingati usianya yang Ke-53 tahun dan pada peringatan HUT Tahun 2021 ini bertindak sebagai Ketua Panitia Wije Sharma selaku dan Komang Agus Sukra Adnyana sebagai.

Dalam memperingati HUT-nya tahun 2021 ini, Prajaniti membagikan lebih dari 2.000 buku spiritual, mengadakan 4 webinar, dan syukuran secara virtual sebagai rangkaian memperingati ulang tahunnya yang Ke-53.

Pada peringatan HUT Tahun 2021 ini mengangkat tema “Angayubhagya 53 Tahun Prajaniti” diadakan pada Minggu, 15 Agustus 2021 yang digelar secara virtual. Hadir pada syukuran virtual ini Koordinator Staf Khusus Presiden yang juga Penasehat Prajaniti AAGN Ari Dwipayana, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto, Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana, Ketua Umum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya, Mantan KSAU yang jadi Ketua Penasehat DPP Prajaniti Ida Bagus Putu Dunia, pimpinan ormas-ormas Hindu nasional, Pembinas Hindu dan Pengurus PHDI dari seluruh provinsi di Indonesia, maupun Pengurus DPP, DPD, dan DPC Prajaniti dari seluruh Indonesia serta ungdangan lainnya.

Dalam sambutannya pada acara ini, Ketua Umum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan bahwa umat Hindu harus berpedoman pada Panca Sradha dan Pancasila dalam kehidupan. “Keduanya harus dijadikan landasan yang saling melengkapi dalam kehidupan menuju cita-cita bangsa kita yaitu merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Wisnu Bawa Tenaya. Dipesankan juga agar umat Hindu di seluruh Indonesia pandai-pandai mengendalikan diri dan bergandengan tangan menjalin persatuan. Dalam kehidupan berorganisasi, Wisnu Bawa Tenaya mengajak agar semua organisasi berkolaborasi dan bersinergi dalam melakukan pelayanan. “Jangan saling sikut atau senggol satu dengan yang lainnya, tapi mari saling support, saling menghargai satu dengan yang lainnya,” kata mantan Danjen Kopassus dan Pangdam IX/Udayana ini.

Dalam acara yang sama, Direktur Jenderal Binaan Masyarakat Hindu, Tri Handoko Seto menyampaikan, bahwa kerja sama Prajaniti dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) dapat mendorong agar mengembangkan program usaha.

Direktur Jenderal Binaan Masyarakat Hindu, Tri Handoko Seto menyampaikan, bahwa kerja sama Prajaniti dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) dapat mendorong agar mengembangkan program usaha dan kedepan kita berharap, PTKH tidak hanya mengurus urusan agama tetapi perlu dibekali entrepreneurship. Dengan demikian, problem-problem di seputar ekonomi  umat Hindu dan lemahnya SDM Hindu dapat sekaligus kita atasi.

Ketua Umum Prajaniti KS Arsana dalam sambutannya menyampaikan bahwa eksistensi organisasi diukur dari karya-karya nyatanya bagi kehidupan warga, masyarakat, dan bangsa. “Saya mengajak kepada jajaran pengurus Prajaniti dan ormas-ormas Hindu lainnya mari kita menjadi contoh. Contoh dalam membangun kerukunan sesama warga Hindu, contoh membangun toleransi dan keharmonisan antar-umat beragama, contoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan contoh dalam melakukan karya-karya nyata. Mari jadikan organisasi sebagai ladang melakukan karma bhakti, melakukan yang terbaik sebagai persembahan kehidupan,” kata KS Arsana.(nor)

Categories: Agama

Leave A Reply

Your email address will not be published.