Penampilan Gamelan Puspa Warna Kenang Musisi Prancis Claude Samuel

PARIS, PRANCIS (27/09/2020) – Claude Samuel adalah produser musik kenamaan Prancis yang telah meninggal  Juni lalu (1931-2020). Claude merupakan art director label rekaman, pendiri berbagai festival seni, penyelanggara kompetisi, jurnalis, produser radio, direktur akademis dan yang terutama  merupakan tokoh musik yang berperan aktif menyebarkan musik India dan Indonesia di Eropa. Claude Samuel beberapa kali menghadirkan grup gamelan Bali untuk pentas di Paris.

Prestasi dan dedikasi Claude Samuel dalam memajukan dunia musik menjadikan namanya sejak 2020 ini diabadikan sebagai nama prix bergensi buku tentang musik Radio France. Malam itu sekaligus penganugerahan 5 buku yang terpilih dari sekitar 140 buku yang dipilih oleh juri, yang memenangkan Prix Claude Samuel.

Sebagai bentuk ekspresi duka cita yang mendalam dan apresiasi atas peran besarnya untuk gamelan Indonesia, grup Gamelan Puspa Warna memberikan penampilan tribute untuk Claude Samuel pada acara penghormatan terakhirnya di Studio 104, Maison de la Radio, Paris, Sabtu 26 September 2020, pukul 19.30 hingga 22.00 Acara ini dipandu  Arnaud Merlin dan beberapa musisi yang dekat dengan Claude turut mempersembahkan berbagai penampilan.

Grup Gamelan Puspa Warna merupakan grup gamelan Bali yang ada di Paris. KBRI Paris mendukung penuh acara ini. Turut hadir menyaksikan penampilan Gamelan Puspa Warna adalah Prof. Warsito Atdikbud dan beberapa staf KBRI lainnya. Selain sebagai penghormatan terakhir atas jasa Claude Samuel, acara ini juga sebagai bentuk realisasi kerjasama Indonesia-Prancis di bidang seni budaya.

Acara berlangsung hidmat dengan tetap berpedoman protokol Covid-19, bermasker dan berjarak 1 meter. Pertunjukan dihadiri sekira 250 orang tamu undangan dari berbagai kalangan musisi dan tokoh Radio France, semuanya terpukau oleh penampilan gamelan Puspa Warna sambil terhanyut dalam kenangan karya-karya Claude Samuel. Grup Puspa Warna menampilkan musik Bali bertajuk ‘roi soleil’ (raja matahari) karya komposisi oleh Krishna Sutedja. (Atdkbd/ask)

Categories: Iptekni,Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id