Penugasan Belajar PNS (P3K) Jenjang Doktor di Prancis Didominasi Bidang Saintek

GRENOBLE, PRANCIS, PRIPOS.ID (11/10/2020) – Sebanyak 23 mahasiswa program doktor yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil Indonesia mengikuti kegiatan seminar kemajuan studi dan riset tugas belajarnya di Perancis tahun 2020.

Kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Atdikbud KBRI Paris ini berjalan lancar. Beberapa peserta tidak bisa hadir karena sedang mengambil data di tanah air, namun tetap melakukan presentasi secara virtual.

Dalam sambutannya, Atdikbud KBRI Paris, Prof. Warsito menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memotivasi agar tugas belajar dapat selesai tepat waktu, mendengarkan permasalahan yang mungkin ada, dan meningkatkan komunikasi akademik antarpeneliti.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kemajuan pendidikan dan riset dari masing-masing peserta selama kurang lebih tujuh  menit. Pada presentasi ini, peserta dibagi menjadi dua kelompak guna menghindari keramaian dalam satu ruangan. Bidang studi mahasiswa doktor di bidang saintek sebanyak 89 prosen dan bidang soshum 11 prosen. Bidang riset doktor paling dominan adalah bidang teknologi informasi dan terapannya.

Para mahasiswa mendapat sumber beasiswa yang beragam, 75 prosen beasiswa dari Pemerintah Indonesia dan 25 prosen dari pemerintah Prancis atau UE. Dari Indonesia, antara lain bersumber dari MORA Scholarship berupa Program Beasiswa 5000 Doktor, LPDP, dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri atau disingkat BPPLN.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Novotel, Grenoble dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, memakai masker, dan tetap menjaga jarak. Salah satu peserta kegiatan, Wisnu Uriawan, mahasiswa doktor di INSA Lyon, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa saling sharing permasalahan selama riset, dan saling memberikan motivasi. Peserta lain, Dwiria Wahyuni yang baru saja selesai ujian doktor sehari sebelumnya, juga menyampaikan bahwa hubungan baik dengan pembimbing sangat penting dan menjadi bagian penting kelancaran studi.

Diharapkan setelah selesai masa studi di Perancis para Doktor PNS atau P3K ini segera kembali mengabdi kepada bangsa dan negara.(ask)

Categories: Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id