Peringati Hari Dharma Samudera Tahun 2022, Kolonel Sobarudin Pimpin Uapacara Tabur Bunga

TAHUNA, PRIPOS.ID (15/01/2022) – Dalam rangka menarik Hari Dharma Samudera Tahun 2022, Pangkalan Angkatan Laut Tahuna gelar upacara tabur bunga yang berlangsung Di perairan Laut Sulawesi di Buritan Kapal Pulau Sangihe II-8-31. Upacara tabur bunga tersebut dipimpin Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tahuna, Kolonel Laut (P) Sobarudin, M.Tr. Hanla. Acara digelar pada Sabtu, 15 Januari 2022.
Dalam sambutannya pada acara tersebut, Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Sobarudin, M.Tr. Hanla menyampaikan, “Peringatan Hari Dharma Samudera merupakan momentum kita untuk kembali bahwa pertempuran laut Aru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 gugur salah satu tokoh pahlawan nasional TNI Angkatan Laut yang rela mengorbankan nyawanya demi kembalinya Papua ke NKRI dan di puncaknya pada tanggal 15 tersebut beliau gugur bersama prajurit-prajurit terpilih bangsa Indonesia di KRI macan tutul,” ujar Komandan Sobarudin sapaan akrabnya dikalangan awak media.
Komandan Sobarudin menambahkan, pertempuran laut Aru yang terjadi pada tahun 1962 tersebut sebelumnya telah didahului dengan beberapa pertempuran laut yang juga salah satu contohnya adalah pertempuran yang dipimpin oleh Kapten Markadi di selat Bali dengan perahu perahu tradisional yang sangat sederhana untuk mencegah penyerangan Belanda dari pulau. Bali yang merupakan kapal-kapal yang lebih canggih ini momentum yang baik untuk mengingat kembali bahwa pendahuluan kita adalah pahlawan nasional yang telah gugur sebelum kita berjuang dengan keras bukan hanya berkucuran keringat saja, bahkan jiwa dan raga yang dipersembahkan untuk negara Indonesia yang kita cintai.
“Saya berharap dengan momentum peringatan Hari Dhama Samudera kita mampu mengisi apa yang sudah diberikan kepada kita dengan baik yang berguna dan bermanfaat demi kejayaan dan keutuhan NKRI,” pungkas Komandan Sobarudin.
Upacara Tabur Bunga berlangsung dengan khidmat, sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (S) Priyono (Ka Akun Lanal Tahuna) dan sebagai Perwira Upacara, Letda Laut (S) Fausan (Paur Yar Akun Lanal Tahuna) serta dihadiri Walikota Laut (S) Steifel R. Mandey (Pasintel Lanal Tahuna), Ny. Ellza Sobarudin (Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab VIII), Kapten Laut (P) Wartokid (Pasop Lanal Tahuna), Seluruh Perwira Lanal Tahun, Seluruh Anggota Bintara dan Tamtama Lanal Tahuna dan Ibu-Ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab VIII.(nor)

Categories: Militer

Leave A Reply

Your email address will not be published.