Prodi TI Unisba Beri Pelatihan Penerapan Metoda Kerja Petani Teh

KAB BANDUNG, PRIPOS.ID (8/04/2021) – Sebagai upaya  melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu kewajiban setiap dosen yang tertuang pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar pelatihan “Penerapan Metoda Kerja Pengangkatan Manual Pemetikan Teh Untuk Meminimasi Risiko Kecelakaan Kerja Pada Kelompok Tani Perkebunan Teh Neglasari Gunung Tilu Pangalengan”, Rabu (31/03).

PKM ini dilaksanakan di rumah salah seorang pemilik perkebunan di Desa Neglasari Gunung Tilu Pangalengan serta diikuti sebanyak 41 orang peserta terdiri atas 34 pekerja pemetik teh dan 7 orang pemilik perkebunan teh dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat:
penyediaan tempat cuci tangan, masker SNI, serta penyediaan hand sanitaizer. Ketua Tim PKM Eri Achiraeniwati mengatakan, PKM ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian terhadap risiko kerja pada proses pemetikan teh dengan pendekatan ergonomi di perkebunan rakyat di Desa Neglasari.

Menurutnya, hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pemetik teh, merasakan sakit pada bagian tubuh leher, bahu, punggung atas, lutut, dan pergelangan kaki. “Hal ini dikarenakan pengangkatan secara manual pada proses pemetikan teh. Beban yang diangkat pada saat proses pemetikan berkisar 10 sampai 15 kg. Beban yang diangkat secara manual lebih dari 5 Kg, berisiko 2,3 kali lebih tinggi mengalami low back pain,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, PKM ini bertujuan  membantu para pekerja serta pemilik perkebunan dalam memahami dan mengaplikasikan metode pengangkatan manual berdasarkan standar ergonomi untuk meminimasi risiko kerja serta pentingnya memperhatikan kesehatan kerja.

Pada PKM ini  diberikan dua materi pelatihan, yaitu Kesehatan Kerja dan Pelatihan Metoda Pengangkatan Manual sesuai standar ergonomi. Materi Kesehatan Kerja disampaikan oleh Kepala UPT Pelayanan Kesehatan Klinik Unisba, dr. Fajar Awalia Yulianto, sedangkan materi kedua disampaikan Kepala Laboratorium APK  Program Studi Teknik Industri Unisba, Nur Rahman A.

Setiap peserta, lanjutnya, diberikan buku saku mengenai Panduan Metode Pengangkatan Manual, dengan tujuan memudahkan para pekerja untuk mempraktikkan setiap gerakan manual (membawa, memegang, menahan, memindahkan serta mengangkat beban).(sani/png)

Categories: Berita Daerah,Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.