Salat Idul Fitri 1441 H Para WNI di Australia Barat

PERTH, AUSTRALIA, PRIPOS.ID (02/06/2020) – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H ini masyarakat Muslim Indonesia di Australia Barat kembali melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri. Satu hal yang membuat tahun ini berbeda adalah pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan di tengah pemberlakuan kebijakan restriksi pembatasan sosial dan kegiatan publik, sebagai akibat dari kondisi pandemi COVID-19. Pemerintah negara bagian Australia Barat telah memperbolehkan masyarakat untuk berkumpul dan berkegiatan non-work baik indoor maupun outdoor hingga 20 orang dengan tetap menjaga physical distancing.

Sesuai dengan ketentuan ini, masyarakat Muslim Indonesia di Perth yang tergabung dalam Panitia Bersama Ramadhan 1441 H, bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI Perth, mengadakan pengaturan dekonsentrasi pelaksanaan Salat Idul Fitri di 50 lokasi di berbagai wilayah, yang terbagi ke dalam 3 – 4 sesi, dengan jumlah jamaah maksimum 20 orang/lokasi/sesi, sesuai ketentuan dalam peraturan otoritas kesehatan setempat.

Lokasi-lokasi yang menjadi pusat-pusat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H dimaksud mencakup antara lain di kawasan Beckenham, Gosnells, Cannington, Victoria Park, City of Canning, Southern River, Maddington, dan masih banyak lagi. Bertindak selaku Imam dan Khatib adalah para pemuka agama dari berbagai ormas keagamaan Islam di Australia Barat. Pesan utama yang disampaikan para Imam dan Khatib dalam Khutbah Idul Fitri adalah nasihat Taqwa, Syukur, serta seruan untuk menerjemahkan Ketaqwaan Ummat menjadi manfaat bagi sesama, terlebih bagi Tanah Air tercinta, di tengah situasi prihatin pandemi COVID-19. Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H diakhiri dengan munajat dan doa untuk keselamatan Ummat, serta bangsa dan Negara, Tanah Air tercinta Indonesia.

Dalam sambutannya, Konjen RI melalui video message menyampaikan kepada Ummat Islam masyarakat Indonesia yang berada di Australia Barat ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H seraya memohon maaf lahir dan batin.

Lebih lanjut disampaikan, lebaran dalam situasi pandemi COVID-19 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dengan hilangnya sebagian hal yang selama ini mewarnai semaraknya tradisi Nusantara dalam pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Namun dibalik keprihatinan ini, dengan pandemi ini justru mendekatkan rasa solidaritas sosial dengan cara lain yang tidak terpikir sebelumnya. Hubungan dalam keluarga semakin dekat, ibadah tetap dapat dilakukan, interaksi dan berkarya melalui ruang digital menjadi hal yang lazim diadakan.

“Saya juga berbangga hati melihat kepedulian sosial masyarakat Indonesia di Australia Barat untuk membantu sesama, baik di antara sesama komunitas Indonesia di WA, dengan komunitas warga setempat, maupun penyampaian bantuan ke Tanah Air. Saya melihat solidaritas sosial masyarakat kita yang lebih kuat dalam bentuk yang baru”, demikian sambut Konjen RI Perth.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H ini merupakan salah satu puncak rangkaian perayaan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H, yang terselenggara berkat kerjasama yang solid antara Panitia Ramadhan 1441 H, KJRI Perth dan segenap elemen masyarakat Indonesia di Australia Barat. Kiranya kehangatan dan kekompakan antar berbagai elemen masyarakat dalam momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H ini dapat terus menginspirasi kita untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan dalam semangat ketaqwaan dan solidaritas sosial.(KJRI Perth/ask)

Categories: Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id