Sambil Ngabuburit, Mahasiswa UPI dan Unisba Lakukan Uji Kompetensi

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (21/04/2021) – Tak terasa puasa Ramadan berlalu selama sepekan. Di bulan puasa yang penuh godaan dan tantangan ini tak menyurutkan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prodi Ilmu Komunikasi  dan mahasiswa Fikom Universitas Islam Bandung (Unisba) mengikuti  Uji Kompetensi yang diselenggarakan  Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Islam Bandung (LSP Unisba).

Bertempat di Jalan Tamansari Nomor 1 Bandung lokasi TUK (Tempat Uji Kompetensi) terbagi menjadi dua, yakni di Lantai 2 Gedung Perkuliahan Unisba untuk bidang Hubungan Masyarakat dan Manajemen Komunikasi serta di Lab. Multimedia, Radio, Televisi, dan Fotografi untuk bidang Jurnalistik.

Pada UjiKom Gelombang II  kali ini agak berbeda dibanding sebelumnya karena dilakukan saat bulan Ramadan. Beberapa mahasiswa UPI dan Unisba merasakan waktu yang dihabiskan selama pengujian cukup melelahkan karena dalam kondisi puasa Ramadan.

Salah seorang peserta dari UPI Adhisty (Jurnalistik 2017)  mengaku kalau Ujikom yang diikutinya melelahkan.Tapi dengan motivasi yang tinggi akhirnya Adhisty mampu mengikuti seluruh observasi yang diikutinya dengan baik.

Pengujian kompetensi ini dilaksanakan selama dua hari untuk Skema Pengelolaan Kehumasan dan Skema Komunikasi Program Televisi, sementara untuk Skema  Pengelolaan Media Jurnalistik Penyiaran hanya dilaksanakan sehari.  Wajar saja bila jadwal yang diberikan cukup menguras fisik tapi dengan tekad mendapatkan sertifikat kompetensi para peserta tetap antusias mengikuti seluruh proses ujikom.

Di samping itu Nurul (Mankom 2017) yang sedang diuji di Lab. Televisi mengatakan, “Untungnya masih bisa tetep fokus sih karena udah belajar juga waktu bimtek, didukung juga sama asesornya yang baik-baik,” ujarnya.

Namun, lain dengan Adi (Humas 2017) yang masih terlihat energik saat bersenda gurau dengan panitia LSP Unisba.

“Dibuat enjoy aja sih kalau aku mah karena kegiatan ini kan syarat kelulusan sebagai salah satu surat keterangan pendamping ijazah (SKPI),” tutupnya sambil tersenyum.

Beberapa asesi dari UPI yang sudah mendapat ijin pulang karena ujikom sudah berakhir segera angkat kaki. Namun ada juga yang masih duduk-duduk sambil memegang konsumsi yang dibagikan panitia untuk persiapan berbuka puasa jika waktu maghrib. Walaupun selama dua hari mereka menghabiskan waktu di kampus Unisba, para Mahasiswa UPI mengatakan kalau yang dilakukan begitu mengesankan dan bersyukur karena masih bisa produktif di saat pandemi seperti sekarang ini.

Meski mengikuti uji kompetensi sambil ngabuburit, harapan mereka hanya satu,  yaitu hasil ujikomnya dinyatakan kompeten.(aura/png)

Categories: Iptekni

Leave A Reply

Your email address will not be published.