Sukseskan ATENSI, Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi ikuti Ekspedisi Kampanye Sosial Lanjut Usia

Bekasi, Jawa Barat, Pripos.id, (14/10/2020) – Dalam rangka mensukseskan program ATENSI, Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi mengikutsertakan Sumber Daya Manusia (SDM) Balai, Dinas Sosial dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) dari tiga Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten wilayah jangkauan Balai, dalam kegiatan Ekspedisi Kampanye Sosial Lanjut Usia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial RI, dengan tujuan meningkatkan kepedulian semua unsur baik pemerintah, masyarakat luas, dunia usaha maupun kaum milenial untuk lebih tergerak dalam memberikan pelayanan kepada lanjut usia di Indonesia. Demikian disampaikan oleh Direktur Rehabilitasi Soaual Lanjut Usia, Andi Hanindito.

Tahun 2045 Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana usia produktif lebih mendominasi dan bertambahnya usia harapan hidup bagi lanjut usia, menuntut perhatian semua pihak untuk mengarusutamakan lanjut usia.

“Bahkan di tahun 2020 ini, lanjut usia sudah menjadi prioritas nasional dalam strategi pembangunan nasional. Meski demikian belum banyak peraturan daerah yang mengatur tentang kesejahteraan lanjut usia ini. Dari 34 provinsi baru 4 provinsi yang memiliki Perda Lansia, dari 514 Kabupaten/Kota baru 6 Kabupaten/Kota yg memiliki Perda Lansia. ” Tambah Andi

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat dalam arahannya menyampaikan, “ATENSI merupakan branding program untuk menghindari stigma negatif terhadap lanjut usia. Dengan ATENSI diharapkan dapat mengembalikan fungsi sosial lanjut usia melalui pemulihan (rehabilitasi) dan pengembangan (habilitasi).”

Lebih lanjut Harry bercerita, ” di Jepang seorang kakek berusia 80 tahun masih menjadi supir taksi dan masih terlihat kuat serta sehat. kenapa demikian? Kalau sopir taksinya sudah lanjut usia akan lebih fokus, lebih sabar, tidak mudah terpancing emosi, lebih tenang, tidak ugal-ugalan. Demikian juga di Singapore, seorang kakek sangat dihormati, menjadi petugas khusus di tempat wisata untuk mengingatkan para pengunjung membuang sampah pada tempatnya dan dipilah sesuai jenis sampahnya.” Tambah Harry

“Di Indonesia kita harus lebih peka dan cepat bertindak dengan tepat terhadap lanjut usia to respect, vulnarable, dan to protect. Lanjut usia harus kita berikan pelayanan yang terbaik dalam ATENSI melalui empat komponen; Pemenuhan Kebutuhan Hidup Layak, Perawatan Sosial, Terapi dan Dukungan Keluarga, baik yang berbasis keluarga, berbasis masyarakat maupun berbasis residential/di balai-loka.” Ungkap Harry.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar menyampaikan tema kampanye untuk wilayah Jawa Barat “Warganya Nyaah Ka Kolot” ( Warga Jawa Barat Menghormati Lanjut Usia).

Kepala Balai Budhi Dharma Bekasi Pujiyanto mengharapkan kepada 16 provinsi dan LKS-LU di wilayah jangkauan Balai dapat menyiapkan update data lanjut usia sesegera mungkin sebagai bahan pertimbangan target penanganan target lanjut usia sebanyak 12.500 di tahun 2021. (nor)

 

Categories: Berita Daerah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id