SYL : Pentingnya Komitmen Bersama Lintas Sektoral Agar Pertanian Nasional Bisa Maju Dan Mandiri.

Jakarta, Pripos.id (27/01/2020) – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian . Acara berlangsung di salah satu hotel dikawasan Jakarta Selatan, Senin (27/01/2020).

Dalam sambutannya diacara pembukaan Rakernas ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan pentingnya komitmen bersama lintas sektoral dan kementerian agar pertanian nasional bisa maju dan mandiri. “Perintah Presiden Jokowi sudah jelas, yaitu membangun pertanian yang mandiri dan maju. Kita harus berkolaborasi mewujudkan itu dalam meningkatkan produktifitas sektor pertanian”, tandas Mentan.

Mentan pun menegaskan bahwa dirinya bersama Menkop dan UKM akan terus mendorong program ekspor sektor pertanian. “Hampir seluruh dunia membutuhkan komoditas pertanian. Dan sebagai negeri tropis, kita memiliki semua komoditas yang dibutuhkan, dari mulai sayur-sayuran hingga buah-buahan”, kata Mentan.

Terkait program korporasi petani, Mentan Syahrul mengungkapkan bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa dijadikan satu kekuatan utama untuk mewujudkan itu. “Saya yang akan langsung mengontrol KUR di sektor pertanian bersama para Gubernur, ketika ada penyaluran KUR untuk petani sebesar Rp1 triliun untuk satu provinsi”, ucap Mentan.

Mentan berharap, petani yang akan mendapatkan KUR, minimal sebesar Rp50 juta per petani, harus sudah terdaftar dalam Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan. “Gapoktan itu merupakan bentuk sharing company, yang di dalamnya ada UKM-nya”, pungkas Mentan.

Rakernas Pembangunan Pertanian juga dihadiri oleh berbagai institusi terkait untuk mensinergikan langkah dan strategi percepatan program. Hadir diantaranya Komisi IV DPR￾RI; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Kesehatan; Kementerian Perdagangan; Kementerian Komunikasi dan Informatika; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; serta Kementerian Koperasi dan UKM.(nor)

Categories: Berita Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Pripos.id