Tindak Lanjut MOU Dengan Kabupaten Kepulauan Talaud, Ini Yang Dilakukan Koba Group

JAKARTA, PRIPOS.ID (31/03/2021) – Menindak lanjuti perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani antara      Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)     Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara dan PT. Takumi Koba Indonesia pada 23 Februari 2021 yang lalu  yang  bertempat di Kantor BP2MI Pusat. PT. Takumi Koba Indonesia gelar sosialisasi peluang kerja ke Jepang melalui penempatan   Specified Skilled Worker (SSW) yang digelar secara virtual pada Selasa, 30 Maret 2021.

Chief Executive Officer (CEO) PT. Takumi Koba Indonesia, Tomonori Kobayashi pada acara tersebut menyampaikan,”Visa SSW di keluarkan di Jepang pada 1 April 2019 para peserta dapat bekerja di Jspanv selama lima tahun dengan menggunakan visa kerja tersebut. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan Jepang untuk program SSW ini adalah 345.150 orang untuk lima rahun tahun kedepan untuk 14 sektor industri, dari jumlah tersebut untuk yang dibutuhkan untuk tenaga perawat berjumlah 60.000 orang untuk lima tahun kedepan,”ujar Kobayashi panggilan akrabnya dikalangan awak media.

Kobayashi menjelaskan, Di Jepang kekurangan tenaga kerja terjadi di berbagai sektor industri karena angka kelahiran yang menurun dan populasi orang tua meningkat. Hal ini diperkirakan akan terus berlanjut di masa yang akan datang terutama dibidag keperawatan, kekurangan tenaga kerja yang serius terus berlanjut, begitu juga sebaliknya Indonesia memiliki jumlah penduduk yang terus bertambah. Saya berfikir ini akan menjadi hubungan yang saling menguntungkan juka orang Indonesia yang muda dan berbakat datang ke jepang untuk bekerja di sana.

“Pekerja Migran Indonesia (PMI) memiliki banyak keunggulan dan sangat jauh jika dibandingakan dengan pejerja dari negara lain terutama negara-negara dari Asia Tenggara seperti Filipina dan Vietnam. Tenaga kerja Indonedisia dikenal sangat sopan, berbakat dan sangat trampil dalam bekwrja sehingga orang Jepang sangat menyukai tenaga kerja dari Indonesia dan untuk itu dengan program SSW Koba Gruop siap memberikan pelatihan untuk calon PMI yang akan dikirim ke Jepang. Selain itu kami memiliki banyak pengalaman dibidang pendidikan hal ini terbukti dengan koba grup sudah banyak mengirimkan tenaga kerja Indonesia ke Jepang dalam Program SSW,” papar Kobayashi.

“Kami berharap hubungan Indonesia dan Jepang semakin berkembang dengan meningkatkan persahatan yqng baik anntara kedua negara,” pungkas Kobayashi.(nor)

 

Categories: Artikel

Leave A Reply

Your email address will not be published.