Unisba Ikuti Pameran Pendidikan Internasional IEF-2021 Secara Virtual

KOTA BANDUNG, PRIPOS.ID (6/04/2021) – Unisba terus melebarkan sayapnya di kancah internasional. Salah satu langkah yang ditempuh  dengan ikut serta pada ajang pameran pendidikan internasional bertajuk “International Education Fair 2021″ (IEF 2021) yang diselenggarakan di Kazakhstan secara virtual pada 25 Maret s.d. 03 April.

Pada acara tersebut, Unisba dan 11 perguruan tinggi lain yang berasal dari Indonesia turut bergabung dengan lebih dari 500 perguruan tinggi dari 50+ negara di dunia yang menyelenggarakan pendidikan untuk studi lebih lanjut di perguruan tinggi pada semua program studi, yakni sarjana, master/ MBA, Ph.D, kursus bahasa, dan lain-lain.

Keikutsertaan pada acara ini sebagai undangan dari Keduataan Besar Republik Indonesi di Nur-Sultan Kazakhstan dalam rangka promosi pendidikan serta fasilitasi kerja sama antara institusi pendidikan tinggi di Indonesia dan di Kazakhstan. Di samping itu pihak kedutaan juga memfasiltasi Unisba dengan menanggung biaya keikutsertaan acara ini.

Wakil Rektor III Unisba,  Asep Ramdan Hidayat mengatakan, keikutsertaan Unisba pada acara ini sebagai upaya mengembangkan kerja sama ke wilayah Eropa. “Kita punya keyakinan di Eropa, blok-blok itu ya seperti Kazakhstan, Uzbekistan, dan Tajikistan adalah negara-negara kecil yang ke-Islamannya cukup bagus,” ujarnya.

Di samping itu, ungkapnya, masyarakat di negara tersebut banyak yang mempelajari Bahasa Indonesia sebagai tren tersendiri dan adanya keinginan untuk berkunjung ke Indonesia. “Oleh karena itu, Unisba dengan segala ciri khas yang merupakan perguruan tinggi Islam, ingin memiliki persahabatan ke arah itu, terutama menjembatani mereka yang ingin belajar ke-Islaman dan tertarik dengan ke-Islaman di Indonesia,” paparnya.

Warek III menuturkan, respon dari peserta pameran tersebut sangat baik. Hal ini dilihat dari banyaknya calon mahasiswa yang bertanya dan berminat melanjutkan pendidikan tinggi ke Unisba.

Dengan ikut sertanya Unisba pada pameran ini  Asep Ramdan berharap dapat mengisi kekosongan jawaban-jawaban terkait dengan pemeringkatan universitas di mana salah satu poinnya adalah mengenai mahasiswa asing.

Hal senada juga diutarakan Akhmad Yusup yang menjadi representasi Unisba dalam pameran tersebut. Dikatakannya, tujuan keikutsertaan Unisba dalam acara ini dalam rangka kerja sama luar negeri untuk meningkatkan dan mengembangkan relasi Tri Dharma Perguruan Tinggi antar lembaga di luar negeri. Kasie. Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Unisba ini berharap dengan adanya relasi dengan Kazakhstan dan Tajikistan, dapat menjadi pintu untuk masuk ke wilayah Asia, Eropa, dan Rusia lebih dalam dan luas lagi.(dwiki/png)

Categories: Iptekni,Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.