Wakil Ketua Umum DPN IASPRO  Wahyu Adiartono Lantik Pengurus DPW IASPRO Jawa Barat

METRO BANDUNG, PRIPOS.ID – Pada Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Sislatkernas) terdapat tiga pilar penting  dalam  mewujudkan sumber daya manusia Indonesia agar kompeten dan memiliki daya saing, yaitu pemerintah, lembaga diklat, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) atau lembaga yang diberi lisensi BNSP yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Ketiga pilar ini memiliki peran masing masing. Pemerintah berperan membuat kebijakan terkait dengan lembaga pelatihan, membuat standar mutu, standar akreditasi lembaga pelatihan, pembinaan, pengawasan dan menerbitkan kurikulum pelatihan nasional berbasis kompetensi. Lembaga diklat berperan mengimplementasikan standard mutu lembaga pelatihan serta menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi. Badan nasional sertifikasi profesi atau LSP memiliki peran melakukan uji kompetensi untuk memberikan sertifkat kompetensi bagi yang sudah lulus mengikuti uji kompetensi.

Dalam proses sertifikasi melalui uji kompetensi melibatkan para asesor kompetensi yang diberikan tugas oleh LSP. Oleh karena itu keberadaan asesor  dibutuhkan dalam membentuk SDM kompeten yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh standard kompetensi dan standard dunia usaha maupun dunia industri.

Asesor profesional  ini perlu dibuatkan perkumpulan  guna menghimpun dan mewadahi seluruh asesor profesional ke dalam  tempat  yang diakui dan terpercaya serta untuk menjamin kompetensi asesor secara Nasional dan Internasional, khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.  Oleh karenanya Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Asesor Profesional Indonesia (IASPRO) melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IASPRO Provinsi Jawa Barat Periode 2022-2027. Pembentukan DPW IASPRO Provinsi Jawa Barat ini diharapkan dapat mengemban misi menegakkan standar mutu asesor sesuai peraturan perundangan yang berlaku, memelihara profesionalisme para anggota melalui berbagai pelatihan dan uji kompetensi, serta berperan aktif dalam menjamin mutu kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia di pasar kerja nasional dan internasional.

Pelantikan Pengurus IASPRO Provinsi Jawa Barat Periode 2022 – 2027. (foto: iaspro)

Pelantikan DPW IASPRO Jawa Barat  dilaksanakan  18 September 2022 pukul 09.00 Wib di Hotel Sari Ater Kamboti Bandung.   Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua Umum DPN IASPRO  Wahyu Adiartono,  sekaligus melantik dan mengesahkan susunan pengurus DPW IASPRO Jawa Barat yang diketuai  Iwan Setiawan,  Wakil Ketua I E Yen  Heryanto, Wakil Ketua II Hari Setia Budi Husni, sekretaris Nanang Abdul Rohman, dan Bendahara Ayu Linda Supriani.

Dalam amanahnya Wakil Ketua Umum DPN IASPRO mengharapkan Pengurus DPW IASPRO Provinsi Jawa Barat  langsung mengambil peran aktif dalam menghimpun seluruh asesor profesional di wilayah Jawa Barat, baik yang tergabung di LSP P1, P2 maupun P3. Dia juga mengamanatkan agar DPW memperbanyak kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi anggota sehingga diharapkan kualitas asesor profesional di wilayah Propinsi Jawa Barat dapat terjaga dan mengalami peningkatan di masa yang akan datang.(ask/png)

Peserta pelantikan Pengurus DPW IASPRO Jawa Barat utusan dari berbagai kabupaten di Jawa Barat.(foto: iaspro)

Categories: Berita Daerah

Tags: ,,,

Leave A Reply

Your email address will not be published.